Tuesday, December 6, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED DECEMBER 6, 2011

DOWN TREND AGAIN ?

Ternyata hari ini market tidak kuat untuk melanjutkan kenaikannya setelah pause selama 2 hari, malah hari ini turun lebih dalam dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya, juga dengan volume yang hampir sama. Dengan penutupan hari ini membuat pola kenaikan 3 hari menjadi gagal.

Hari ini market sebenarnya masih turun dalam kisaran sempit pada pembukaan sesi pertama. Sepanjang perdagangan sesi pertama pun turun terdalam 26 point dan ditutup di level 3754. Barulah mulai pertengahan perdagangan, index mulai turun lebih dalam, sampai minus 44 point di level 3736, walau pun akhirnya ditutup dengan minus 28 point di level 3752.

Market hari ini : open 3780 high 3780 low 3736 close 3752

Nilai perdagangan hari ini juga hampir sama dengan nilai transaksi kemarin, dengan volume 2.6 miliar saham dan value trading sebesar 3.4 T rupiah, itu sudah termasuk crossing di market.
Sedangkan saham yang naik ada 65 saham, yang stagnan 86 saham dan sejumalh 146 saham turun harganya.

Hari ini hanya satu sektor industri yang naik sebesar 2.3 point, yaitu sektor Infrastruktur, selebihnya minus semua, mulai dari sektor Konsumer, turun 19 point, Pertambangan 12 point, Perkebunan 10 point, manufaktur 9 point Keuangan 6 point, Industri Dasar 5 point dan lainnya turun kurang dari 3 point.

Untuk perdagangan besok, akan sangat tergantung kepada regional market, karena pola yang terbentuk selama 2 hari tidak diteruskan pada hari ini, membuat kondisi perdagangan besok menjadi lebih condong kepada penurunan lebih lanjut.
Dan memang jika merujuk kepada saham-saham secara individu, kebanyakan saham memang sudah dalam posisi over bought, sehingga sangat rentan untuk profit taking.

Market 7 Desember 2011

ASII - SELL INTO STRENGTH
Sudah hampir satu minggu ASII hanya konsolidasi di range harga 70.500 - 72.000, jadi untuk sementara belum kemana-mana, kecuali break harga atas atau pun harga bawah, barulah kelihatan trendnya.

BMRI - SELL INTO STRENGTH
Demikian juga dengan BMRI, walau pun bisa bergerak naik, namun trend nya masih lebih condong kepada penurunan.

BBRI - SELL INTO STRENGTH
BBRI turun dengan volume yang tipis dan sudah menutup gap 4 hari yang lalu. Jadi untuk sementara, trend nya juga masih menurun.

BBNI - SELL INTO STRENGTH
BBNI tidak dapat bertahan di harga atas, akhirnya harus rela untuk ditutup diharga pembukaan di bawah. Harusnya BBNI trading Sell, namun karena suka dibawa naik dulu, maka sebaiknya Sell sewaktu dibawa naik.


MORE TRADING IDEAS :

SPECULATIVE TRADING : BUMI – AISA – CMNP – JSMR

Ps : rata-rata harga sudah masuk dalam over bought, sehingga resiko trading akan lebih besar, karena itu untuk sementara sebaiknya hit and run. Bagi yang sudah in the money, sebaiknya lakukan profit taking dulu.

Happy trading

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com
click the like button below, if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE