Monday, November 28, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED NOVEMBER 28, 2011

LIGHT AT THE END OF THE TUNNEL ?

Setelah hampir 2 minggu market bergerak menurun, akhirnya hari ini dapat ditutup naik kembali, menandakan adanya sedikit kekuatan Index untuk bertahan di level 3600. Dengan dukungan regional market, index dibuka langsung naik 27 point waktu pre opening dan loncat lagi, naik 32 point pada pembukaan sesi pertama, namun itu hanya bertahan selama 15 menit perdagangan, karena sesudah itu index mulai melorot dan bahkan berubah menjadi minus sejak pukul 10.43 pagi dan akhirnya sesi pertama ditutup dengan minus 11 point di level 3625.
Sesi 2 index sempat bolak balik, antara plus dan minus, naik 4 point dan turun 18 point, tetapi akhirnya index ditutup di sesi 2, naik 9 point di level 3647.

Investor kelihatan masih wait and see, terlihat dari saham-saham yang selama ini aktif ditransaksikan, terutama saham-saham perbankan, yang dibuka dengan kenaikan, tetapi ditutup dengan harga turun. Investor kelihatannya langsung merealisasikan keuntungannya, begitu momentum market menguat, sehingga membuat harga saham-saham perbankan turun kembali dari kenaikannya.

Market hari ini : open 3637 high 3676 low 3618 close 3647

Namun demikian, masih ada 106 saham yang bergerak naik hari ini, dibandingkan dengan 88 saham yang stagnan dan 88 saham yang turun harganya.
Perdagangan hari ini pun hanya sebesar 2.3 miliar saham dengan 3.8 T rupiah, itu pun termasuk hampir 1 T rupiah crossing saham AMRT dan SMMA.

Sektor-sektor yang naik pada hari ini terdiri dari : Aneka Industri, naik sebesar 19 point, disusul oleh sektor Perkebunan dengan kenaikan 18 point, Konsumer sampai dengan Perdagangan dengan kisaran kenaikan 2 - 7 point. Sedangkan sektor yang turun hari ini adalah Keuangan, Pertambangan, Properti dan Industri Dasar, rata-rata turun tidak lebih dari 2 point.

Dengan penutupan Index hari ini, membuka peluang kenaikan untuk perdagangan esok hari, ditandai dengan adanya perubahan trend trading, dari negatif menjadi positif.
Bahkan tidak tertutup kemungkinan market akan bergerak agresif jika didukung oleh regional market besok hari.

Market 29 Nopember 2011

ASII – BUY ON STRENGTH
Hari ini ASII masih berada dalam kondisi konsilidasi, volume perdagangan juga hamper sama dengan kemarin, harga juga bergerak dalam range yang sempit. Hari ini juga merupakan pola konsolidasi hari kedua, jadi besok ada peluang ASII untuk bergerak naik, apalagi jika disertai dengan volume besar.

BMRI – BBRI – BUY ON WEAKNESS
Pergerakan harga, baik BMRI mau pun BBRI masih mengalami tekanan jual, bahkan cenderung tidak mengalami perlawanan dari pihak pembeli. Namun karena kedua saham tersebutsudah berada di area over sold,sewaktu-waktu sudah bisa reversal, maka pembeliannya boleh gradual atau hit berdasarkan reversal market.

BBNI – TRADING BUY
Pergerakan harga BBNI kelihatannya seolah-olah “dijaga”, karena walau pun bergerak turun seiring dengan saham perbankan yang lain, namun BBNI bisa bergerak naik kembali dan ditutup di harga atas. Jika market kondusif, peluang untuk BBNI naik akan terbuka lebih lebar.

MORE TRADING IDEAS :

BUY ON WEAKNESS : CPIN – HRUM – UNTR

TRADING BUY : PGAS – BBCA – MAIN - PTBA

SPECULATIVE TRADING : ADRO - ASRI – BBTN – INDF – GGRM

Happy trading

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com
click the like button below, if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE