Thursday, November 10, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED NOVEMBER 10, 2011

BE CAREFUL OF GLOBAL SENTIMENT !

Index naik, index turun, sekarang ini tergantung regional market, tergantung situasi Eropah, sampai-sampai investor sudah tidak melihat lagi kepada kinerja emiten-emiten yang ada. Dari pada didahului orang, lebih baik jual dulu, begitu mendengar berita negatif dari Eropah.

Sesudah Yunani, sekarang investor global berpaling ke negara Italia, sesudah itu, berp;aing lagi kepada issue perpecahan Euro, yang ditakutkan akan menjadi efek domino, yang akan membuat index turun dalam kembali.

Jadi walau pun secara fundamental mau pun teknikal, suatu saham yang berkinerja baik belum tentu akan bergerak naik, jika sentimen global nya negatif.
Seperti hari ini, index langsung dibuka turun 73 point waktu pre opening dan turun lagi menjadi 96 point begitu market dibuka, bahkan sempat minus 109 dalam 3 menit perdagangan ! Akhirnya sesi 1 index ditutup minus 99 point di level 3757.

Sesi 2 index kembali bergerak turun, hingga minus 106 kembali, namun akhirnya bisa ditutup minus 73 point di level 3783.

Market hari ini : open 3856 high 3856 low 3748 close 3783

Sebanyak 208 saham bergerak turun, 48 saham tidak berubah dan 31 saham naik harganya. Seluruh sektor mindustri yang ada, minus semuanya, dengan penurunan terbesar dari sektor pertambangan, turun 58 point, sektor perkebunan turun 44 point, aneka industri turun 27 point, konsumer turun 22 point, manufaktur turun 21 point, infrastruktur turun 12 point, industri dasar turun 12 point, keuangan turun 9 point, perdagangan 4 point dan properti 3 point.

Volume perdagangan hari ini juga tidak sebesar kemarin, dengan volume sebesar 3.3 miliar saham, dengan value trading sebesar 4.2 T rupiah.

Dengan hasil perdagangan hari ini, dimana index dibuka high, lalu ditutup low, bahkan penurunan hari ini membungkus kenaikan kemarin, kemarin high/low - 3859/3806, hari ini high/low 3856/3748. Penutupan hari ini juga masih lebih rendah dari low kemarin. Hal ini membuat peluang kenaikan besok menjadi lebih tipis, bahkan peluang penurunan menjadi lebih besar.
Namun semua analisa ini masih akan diuji dengan hasil perdagangan Dow Jones malam ini mau pun regional market besok.

market 11 Nopember 2011

ASII – SELL INTO STRENGTH
Sesudah kenaikan tinggi kemarin, ternyata ASII tidak kuat untuk melanjutkan kenaikannya pada hari ini, walau pun masih ditutup positif, tetapi momentum kenaikannya menjadi hilang. Untuk melanjutkan kenaikannya, ASII harus mampu menembus harga 70.800

BMRI – BBRI – SELL INTO STRENGTH
Sama seperti ASII, baik BMRI mau pun BBRI kehilangan momentumnya untuk naik pada hari ini, walau pun keduanya juga masih ditutup positif, tetapi untuk naik lagi, keduanya juga harus menembus harga tertingginya kemarin.

BBNI – SPECULATIVE TRADING
Kelihatannya seperti ada invisible hands yang menjaga BBNI, sehingga sahamnya tidak jatuh dalam, seperti hari ini, BBNI walau pun dibuka negative, tetapi bisa ditutup naik kembali di harga lebih tinggi, walau pun dengan volume yang lebih kecil. Namun harus diingat, untuk sementara, Resistensi BBNI ada di 4.025

MORE TRADING IDEAS :

SPECULATIVE TRADING : ENRG – BORN – BBKP – ELSA

Sebagian besar saham masih berada di range over bought, jadi masih beresiko untuk trading, kecuali mengikuti momentum trading, hit and run dalam range sempit

Happy profit taking

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com
click the like button below, if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE