Monday, October 31, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED OCTOBER 31, 2011

ANOTHER HEALTHY CORRECTION !

Dari penutupan bursa saham Indonesia hari Jumat yang lalu sudah terlihat bahwa hari ini akan terjadi profit taking atau koreksi, mengapa ? Karena hari Jumat Index sudah bergerak naik, volume juga cukup mendukung, walau pun tidak sekuat hari Kamis, namun Index tidak dapat dipertahankan di level tertinggi, malah ditutup turun, itu menandakan bahwa kekuatan beli tidak sanggup untuk menahan penjualan, sehingga terjadilah penurunan lanjutan pada hari ini.

Sedangkan Index sendiri saat ini sudah berada di atas level 3730, karena itu menarik untuk meyimak, apakah level 3730 ini akan ditembus ke bawah lagi, atau malah akan tetap menjadi support level yang cukup kuat ? Pergerakan index besok atau lusa akan memperlihatkan hasilnya. Satu hal lagi adalah bahwa hari ini index melemah dengan volume yang melemah juga.

Market hari ini : open 3830 high 3830 low 3758 close 3790

Penurunan Index Bursa Efek Indonesia hari ini juga mengikuti trend regional yang memang turun pada hari ini. Dibuka minus 1 point waktu pre opening, lalu minus 10 waktu pembukaan sesi 1, Index terus melorot sampai ditutup minus 64 point di level 3765 pada sesi 1. SEsi 2 market dibuka sempat minus 71, namun berangsur menyusut sampai akhirnya ditutup minus 39 point di 3790.

Kecuali sektor Perkebunan, yan g naik 2 point, sektor industri lainnya mengalami penurunan, dengan penurunan terbesar oleh sektor pertambangan, turun 68 point, konsumer 20 point, dan sektor lainnya turun berkisar antara 14 sampai dengan 1 point.
Sebanyak 172 saham yang turun harganya, 61 saham tidak berubah dan masih ada 71 saham naik harganya.
Volume trading pada hari ini sebanyak 4.3 miliar saham, dengan value trading sebesar 3.5 T rupiah.

Dengan pergerakan index yang terjadi pada hari ini, maka untuk trading besok hari masih berpeluang untuk melanjutkan penurunannya, kecuali jika bisa bertahan di area 3730. Namun melihat index yang masih berada di area over bought, maka kelihatannya bahwa level 3730 untuk sementara ini kemungkinan besar akan ditembus dulu ke arah 3590.

MARKET 1 NOPEMBER 2011

ASII - SELL INTO STRENGTH
Setelah hari ini tidak berhasil untuk menembus level 70.000, ASII malah berbalik turun, sehingga berpotensi untuk melanjutkan penurunannya besok hari.

BMRI - SELL INTO STRENGTH
Setelah mengalami kenaikan yang cukup tinggi dua hari berturut-turut, dua hari berikutnya BMRI tidak kuat untuk bertahan di harga atas, menandakan kekuatan penjual, sehingga besok harga masih berpeluang untuk turun. ADa 2 hal untuk BMRI, volume yang menurun, tetapi masih berada di area over bought.

BBRI - SELL INTO STRENGTH
Di tengaqh-tengah tekanan, hari ini BBRI masih bisa ditarik kembali ke harga pembukaannya, walau pun sempat ditekan ke bawah. Berarti pembeli masih memiliki kekuatan untuk bertahan, namun karena BBRI juga berada di area over bought, sehingga potensi kenaikannya akan dibayangi oleh aksi profit taking

BBNI - SELL INTO STRENGTH
Untuk sementara waktu BBNI masih berada dalam kondisi konsolidasi, tren harga belum terlalu flutuatif, volume perdagangan juga menurun.

MORE TRADING IDEAS :

SPECULATIVE TRADING : BKSL – PNLF – KIJA – MDLN – ASRI – AISA

Happy profit taking

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com
click the like button below, if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE