Tuesday, October 18, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED OCTOBER 18, 2011

IT HAS BEEN TOLD, BEWARE OF MARKET EUPHORIA !

Kebakaran !
Kata-kata inilah yang tercetus begitu melihat regional index pada pagi ini, dimulai dengan penurunan Dow Jones tadi malam, lalu pagi ini NIkkei, Hang Seng, Strait Times dan lainnya, tidak terkecuali, The Indonesia Stock Exchange !

Begitu pre opening, market langsung minus 50 point, minus lagi 83 point waktu awal pembukaan sesi 1, terus melorot sampai minus 122, sebelum akhirnya ditutup minus 110 point di level 3618 pada sesi 1.
Sesi 2 index makin dalam kondisinya, minus terdalam 148 di level 3580 dan akhirnya ditutup "hanya" minus 106 point di level 3622 !

Seperti yang ditulis kemarin, bahwa level 3729 merupakan level penentu untuk perjalanan index berikutnya. Karena hari ini index tidak bisa mendobrak level 3729, maka terjadilah reversal yang membuat index turun kembali.
Penurunan index hari ini merupakan hal yang wajar dan koreksi sehat atas kenaikan index yang sudah berjalan hampir 8 hari lamanya.

Market hari ini : open 3728 high 3728 low 3580 close 3622

Hari ini volume transaksi yang terjadi adalah 5.5 miliar saham, dengan nilai transaksi 4 T rupiah. Sebanyak 234 saham turun harganya, 30 yang tidak berubah dan masih ada 23 saham yang naik harganya, antara lain : UNVR, SOBI, CNTX, MREI, PTIS, SCMA, TLKM, EPMT dan lain-lain.
Seluruh sektor industri turun pada hari ini, dengan penurunan terbesar Pertambangan minus 134 point, diikuti oleh Perkebunan 74 point, Sedangkan sektor lainnya turun berkisar dari 8 - 22 point.

Dengan hasil trading hari ini, maka untuk perdagangan besok dapat dikatakan bahwa index akan meneruskan penurunannya untuk sementara waktu, sambil menemukan equilibrium baru untuk index itu sendiri. Membuat kondisi yang sekarang over bought untuk memasuki trading area.

Makanya seperti sudah berulang-ulang diingatkan : Take your profit before others take yours ! sungguh-sungguh berlaku. Jangan berkecil hati dengan profit kecil yang diambil, asal trading dengan tepat, kecil-kecil akan menjadi bukit jua !

MARKET 19 OKTOBER 2011

ASII - SELL INTO STRENGTH
Kemarin ASII walau pun naik, tetapi mulai kekurangan tenaga, karena itu, hari ini mulai bergerak turun dan seharusnya akan dilanjutkan besok hari

BMRI - TRADING SELL
Hari ini BMRI turun dengan gap down, volume waktu turun juga bertambah, sehingga tekanan jual akan menjadi lebih besar pada esok hari.

BBRI - TRADING SELL
Hari ini BBRI juga turun dengan gap down, juga dengan volume yang lebih besar, menandakan bertambahnya tekanan jual juga.

BBNI - TRADING SELL
Walau pun BBNI turun dengan volume yang lebih kecil, tetapi karena kenaikannya yang sudah berhari-hari dan memasuki area over bought, sehingga akan ada koreksi minor.

MORE TRADING IDEAS :

TRADING BUY : TLKM - UNVR

sebagian besar saham masih dalam kondisi over bought, dan sedang memasuki masa-masa koreksi, karena itu, indikator yang ada masih merekomendasikan Jual.

happy profit taking

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com
click the like button below, if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE