Thursday, June 5, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED JUNE 5, 2008

MARKET SEGERA BERBALIK ARAH !!

Market hari ini sesi pertama dibuka minus 2 dan terus meluncur hingga minus 13 point. Tetapi kemudian, perlahan-lahan market mulai berbalik arah, masih naik dan turun, kemudian tidak tertahankan untuk naik terus, hingga akhirnya ditutup plus 37 point di level 2399.

Melihat kekuatan yang masuk ke pasar, kelihatannya market mulai berbalik arah dan akan naik kembali dalam beberapa hari ini. Hari ini, volume perdagangan hanya 2,6 miliar lembar saham yang diperdagangkan, sedangkan valuenya mencapai 5.2 T. Artinya yang bergerak hari ini adalah saham-saham dengan kapitalisasi yang besar, jadi, walau pun volume sedikit, tetapi valuenya besar.

Yang menjadi penarik indeks hari ini adalah saham-saham BUMI, ISAT, INCO dan TLKM, yang naik signifikan, dengan pembawa bobot indeks besar, BUMI dan TLKM, ditambah dengan BMRI, membuat indeks naik dengan angka yang cukup tinggi.

Seperti ditulis kemarin, kondisi market seperti hari-hari yang lalu menjadi kesempatan yang baik untuk bargain hunter dan mendapatkan saham blue chip dengan harga murah.
Jangan pula lupa deviden saham BUMN yang biasanya dibayarkan dengan nilai yang besar.

Kenaikan BI rate sebanyak 25 basis point kelihatannya malah membuat market kembali bergairah. Sektor perbankan yang kemarin-kemarin banyak dilepas, hari ini mulai dibeli kembali. Untuk sektor perbankan, sebenarnya masih memiliki peluang untuk bertumbuh, di tengah-tengah inflasi yang tinggi dan BI rate yang dinaikkan.

Ketakutan bahwa sektor perbankan akan menderita, karena BI rate yang diperkirakan akan naik terus sampai akhir tahun ini sebenarnya tidak terlalu berdasar.
Yang banyak terlupakan orang adalah bahwa sektor perbankan sekarang ini banyak menyalurkan kreditnya juga ke sektor-sektor pertambangan, perkebunan dan energi yang sedang booming, sehingga pertumbuhan kredit untuk tahun ini akan tetap terjaga.
Apalagi bank-bank pemerintah yang ada rata-rata membayar deviden dalam jumlah yang besar pula, jadi sekali lagi, don't worry, buy when it is low and sell when it is high.

Market 6 Juni 2008

AALI BOW
ANTM BOW
ASII SELL INTO STRENGTH
BBRI BUY
BMRI BUY
BBCA BUY
BBNI BUY
BDMN BUY
BNBR BOW
BUMI BUY
ENRG BUY
INCO BUY
ISAT BUY
PGAS BOW
PTBA BUY
TINS BUY
TLKM BUY
UNSP BUY
UNTR BUY

WATCH FOR : BRPT/SMCB/TBLA

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE