Monday, June 23, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED JUNE 23, 2008

SEMENTARA, MARKET SUDAH MENDEKATI DASAR !!

Untuk sementara, level 2350 merupakan angka support bagi market. Karena, beberapa hari trading terakhir, level indkes di angka sekitar 2350 ini yang menjadi support market.

Hari ini, indeks dibuka langsung minus 20 point di level 2351, setelah itu perlahan-lahan bergerak naik terus, sampai akhirnya ditutup "hanya sisa" minus 9 point di level 2362.
Seperti juga hari-hari sebelumnya, hari ini saham-saham perkebunan dan pertambangan masih memimpin kenaikan indeks, sedangkan saham-saham perbankan masih tertekan. Namun karena jumlah saham yang turun lebih banyak dibandingkan dengan jumlah saham yang naik, maka market tetap di tutup minus, walau pun dengan angka yang tidak signifikan.

Hari ini praktis market boleh dibilang lumayan sepi, walau pun nilai transaksi hari ini mencapai Rp. 4.6 T, tetapi kurang lebih separuh dari nilai transaksi tersebut merupakan transaksi tutup sendiri.

Penurunan indeks hari ini juga sebagian karena terimbas oleh bursa regional yang hampir semuanya turun, apalagi Jumat sebelumnya indeks Dow Jones sempat turun tajam 200 point lebih. Beruntung indeks BEI masih bisa bertahan ditengah-tengah kondisi bursa regional yang minus pada hari ini.

Melihat pembukaan dan penutupan market hari ini, maka untuk market tanggal 24 Juni 2008, tekanan jual sementara akan berkurang, bahkan market malah bisa bergerak naik. Apalagi jika didukung oleh indeks regional yang naik.
Namun, untuk amannya, tidak ada salahnya melakukan profit taking bagi saham-saham yang sudah naik tinggi, apalagi jika kekuatan pembelian sudah mulai kendor atas saham tersebut.

Market 24 Juni 2008

AALI SELL INTO STRENGTH
ANTM BUY
BBRI BOW
BMRI BUY - SUDAH TURUN TERLALU TAJAM, AKAN REVERSAL KEMBALI
BUMI BOW
INCO BUY
PGAS BUY
PTBA SELL INTO STRENGTH
TINS SELL INTO STRENGTH
TLKM BUY
UNTR BOW



ps : untuk meningkatkan kemampuan untuk menganalisa saham-saham secara teknikal, dalam blog ini disediakan sarana-sarananya. Salah satu yang bisa diakses secara cuma-cuma adalah Elliot Wave yang ada di bawah, atau bisa juga dengan google search yang ada di sebelah kanan atas, cari kata "candle stick", maka akan keluar website-website mengenai analisa teknikal dari Jepang yang di kenal sebagai candle stick. Di sana bisa dipelajari patern-patern yang mengindikasikan kenaikan atau penurunan saham.
Akhir nya, untuk berinvestasi, tidak ada kata "terlambat" untuk belajar lebih banyak !!!!
Good Luck !

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE