Monday, June 2, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED JUNE 2, 2008

CONSOLIDATION....... CONSOLIDATION !!!

Seperti minggu-minggu lalu, market dibuka menguat, turun, kemudian menguat lagi. Tetapi hari ini market dibuka naik, sampai naik tertinggi 16.7 point di level 2461, kemudian turun dan tidak naik lagi, akhirnya ditutup turun 16.5 point di level 2427.

Seperti juga hari-hari yang lalu, kenaikan dan penurunan indeks lebih banyak disebabkan oleh pergerkan individu saham yang memiliki bobot indeks yang besar. Misalnya hari ini, penurunan indeks disumbang oleh saham BUMI dan TLKM, yang masing-masing turun sebanyak Rp. 300 dan Rp. 150.
Sedangkan saham-saham yang naik, seperti ASII, BBRI, PTBA, ANTM dan lainnya tidak sanggup untuk mengalahkan bobot dari saham-saham yang turun, sehingga indeks akhirnya ditutup minus.

Dalam kondisi seperti ini, rasanya tidak relevan lagi untuk membicarakan indeks mau naik atau mau turun, karena kenaikan dan penurunan indeks, sekali lagi lebih disebabkan oleh naik turunnya saham-saham yang memiliki bobot yang besar terhadap pergerakan indeks itu sendiri.
Makanya dalam beberapa hari terakhirnya ini, judul tulisannya adalah "Konsolidasi", mengapa ? Karena memang market tidak menunjukkan arah pergerakan yang jelas, yang biasanya ditunjukkan dengan naik atau turunnya saham secara bersamaan. Naik, naik semua, turun, turun semua, tidak seperti sekarang, ada yang naik, ada juga yang turun.

Untuk saat ini, adalah lebih penting memperhatikan arah gerakan saham secara individu, daripada memperhatikan arah indeksnya sendiri.
Market besok, 3 Juni 2008, masih terlihat akan terkonsolidasi.

ANTM BUY
ASII SELL INTO STRENGTH
BBRI BUY
BMRI BOW
BBCA BUY
BNBR BOW
BUMI BOW
ISAT BOW
PGAS BOW
PTBA SELL INTO STRENGTH
TLKM BOW
UNTR BOW

WATCH FOR : AKRA

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE