Tuesday, June 17, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED JUNE 17. 2008

IT'S VACATION TIME..... IT'S HOLIDAY MOOD !!!!

Blog ini absen selama 2 hari dari stock market daily review, karena penulis blog ini sedang liburan selama 2 hari.

Selama Senin dan Selasa, 16 dan 17 Juni 2008, market pun tidak terlalu bergairah, volume perdagangan juga lebih kecil dibandingkan hari-hari yang lalu.

Memang, setiap tahun, menjelang Juni, Juli, Agustus, para Fund Manager biasanya mengambil waktu untuk liburan, summer holiday. Di Indonesia, Juni dan Juli adalah waktu liburan anak sekolah, jadi waktunya membawa anak-anak dan keluarga untuk liburan tahunan.

Di market sendiri, tahun ini bulan Juni juga diramaikan dengan pertandingan sepakbola memperebutkan piala Eropa, jadi lengkap sudah semua hal yang dapat membawa pengaruh kepada lesunya pasar modal.

Sebenarnya, sebagai investor, memang ada baiknya untuk secara berkala keluar sejenak dari pasar dan mengadakan liburan untuk refreshing, sehingga nantinya kembali ke market dengan pikiran yang lebih jernih dan analisa yang lebih tajam.

Jika tidak, selama market sepi dan tidak bisa trading, ada baiknya juga merefresh kembali mengenai teori-teori analisa teknikal.
Di bawah tulisan ini, ada iklan mengenai Elliot Wave Theory, salah satu analisa teknikal yang cukup tua dan masih dipakai sampai hari ini. Elliot Wave Theory menganalisa market berdasarkan fenomena alam, yaitu gelombang-gelombang yang terjadi di pantai. Ada gelombang-gelombang kecil-kecil, lalu datang sebuah gelombang besar, kemudian kembali lagi kepada gelombang yang lebih kecil, dan seterusnya. Market juga berlaku seperti gelombang air laut, naik besar, lalu koreksi kecil-kecil, kemudian naik lagi dengan lebih tinggi dan seterusnya, sebaliknya juga kalau turun, turun banyak, lalu naik sedikit-sedikit, kemudian turun lagi lebih dalam, dan seterusnya. Tentu semua dengan variasi-variasinya masing-masing.
Untuk mendapatkan news letter secara berkala, cukup sign up dan mengisi formulir yang sederhana, nanti akan di email dengan segera.
Itu semua dapat kita pelajari dalam Elliott Wave Theory.

Atau jika ingin belajar mengenai candle stick, yaitu analisa teknikal berdasarkan pelajaran teknikal versi Jepang, karena belum ada iklan, dapat searching melalui google search yang tersedia di blog ini, cukup ketik candle stick, maka akan keluar berbagai web site mengenai candle stick analisis. Klik saja satu persatu, walau pun hampir semuanya memiliki persamaan, tinggal mencari mana yang paling enak dibaca dan mudah dimengerti.

Jadi tunggu apa lagi ? just click here and click there and you will improve your technical analysis skill.

See you on Wednesday, June 18, 2008

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE