Tuesday, April 29, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED APRIL 29, 2008

MARKET MULAI REBOUND, NAMUN HARUS TETAP WASPADA !!!

Hari ini, Investor asing mulai belanja dengan power yang lebih besar dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya. Dari Top 4 broker asing hari ini saja sudah membukukan net buy sebesar 500 miliar. Justru ditengah-tengah asing yang mulai masuk ke market, investor lokal kelihatannya malah net sell.
Hal ini bisa memiliki 2 implikasi, yang pertama adalah sewaktu asing melakukan penjualan hingga market berdarah-darah beberapa minggu ini, barang-barang mereka ditampung oleh investor lokal, yang melakukan penjualan ketika investor asing masuk kembali ke market.
Implikasi kedua adalah justru market sedang mau pick up, yang dimotori dengan pembelian oleh investor asing, investor lokal malah melakukan penjualan, sehingga mereka tidak menikmati kenaikan indeks/harga-harga saham di kemudian hari.

Yang mana dari kedua statement di atas yang benar, waktulah yang akan menjawabnya. Jika benar market akan segera rebound, maka salah jika melakukan penjualan pada saat ini. Tetapi jika market masih berfluktuasi, maka tindakan penjualan pada saat ini adalah tepat, untuk kemudian melakukan pembelian kembali kalau harga saham jatuh kembali.

Tetapi secara teknikal, market memang baru keluar dari konsolidasinya dan sedang berusaha untuk rebound kembali. Hanya saja volume perdagangan hari ini masih tidak terlalu significant, karena memang yang bergerak atau naik, mayoritas adalah saham-saham blue chip. Makanya, secara value hari ini transaksinya mencapai 4.5 T, tetapi secara volume hanya 2.6 Miliar saham yang berpindah tangan.

Kenaikan indeks hari ini juga memberikan penegasan kembali kepada statement bahwa, jika indeks turun tajam atau dalam, beli saham-saham blue chip, karena jika market rebound, maka yang bergerak duluan adalah saham-saham blue chip. Melihat apa yang terjadi hari ini dengan kenaikan saham-saham blue chipnya, statement tersebut memang terbukti benar.

Naiknya market hari ini juga dipicu oleh lebih banyaknya laporan keuangan kwartal pertama yang mulai dipublikasikan dengan pencapaian net profit yang tetap bertumbuh. Hal ini secara fundamental mengisyaratkan bahwa emiten-emiten yang ada memang telah menjalankan bisnisnya secara on track, sehingga mereka tetap bisa survive di tengah kondisi perekonomian yang masih belum terlalu pasti sekarang ini, yang ditandai dengan tingginya harga minyak bumi dan pangan, juga komoditi yang lainnya.

Untuk besok tanggal 30 April 2008, market secara teknikal masih akan bergerak naik, kecuali kalau regional minus dalam sekali, barulah bursa saham Indonesia bisa ditahan kenaikannya.

AALI BUY
ANTM BUY
ASII BUY
BBCA BUY
BBNI BUY
BBRI BUY
BMRI BUY - HARI INI NAIK DENGAN VOLUME BESAR DISERTAI GAP UP
BNBR BUY
BNGA BUY, JIKA NAIK, JIKA TIDAK, MASIH KONSOLIDASI
BUMI BUY
ELTY BUY
INCO BUY
INDF BUY
LSIP BUY
PGAS BUY
PTBA BUY
TLKM BUY
UNSP BUY
UNTR BUY

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE