Thursday, April 17, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED APRIL 17, 2008

INDEX TOWARDS OVERBOUGHT IN THE SHORT TERM !

Hari ini, pergerakan indeks sedemikian volatile ! Dibuka naik, lalu turun, lalu naik kembali, terutama menjelang menit-menit terakhir perdagangan.

Seperti sudah disinggung dalam tulisan kemarin, indeks sudah dekat ke level overbought dalam masa short term trading, makanya akan ada banyak yang melakukan profit taking.
Namun bagi investor dengan horizon yang lebih panjang, koreksi-koreksi tersebut dapat digunakan untuk mengumpulkan saham-saham bluechip.

Untuk besok, 18 April 2008, saham-saham grup Bakrie kelihatannya akan tetap bergerak naik, seiring dengan mulai berkurangnya tekanan jual di market. Pergerakan saham-saham grup Bakrie juga karena crossing untuk saham-saham intra grup sudah selesai dilakukan.
Namun untuk saham UNSP dan BUMI, sudah berhari-hari naik dan tidak tertutup kemungkinan akan ada aksi profit taking. Apalagi besok adalah hari Jumat, yang biasanya investor lebih suka melakukan penjualan.

Penurunan saham ASII merupakan kesempatan untuk melakukan pembelian secara gradual, karena, seperti dibahas dalam tulisan yang lalu, tidak ada alasan untuk melakukan penjualan terhadap saham ASII.

Untuk sektor perbankan, yang kelihatannya masih mengalami tekanan jual adalah BMRI dan BBNI. Dua-duanya adalah saham BUMN.
Kekhawatiran yang utama terhadap perbankan adalah kenaikan interest rate oleh BI, karena inflasi yang tinggi.
Untuk BMRI, memang kenaikan suku bunga akan berpengaruh kepada pendapatannnya, tetapi untuk tahun 2008, seberapa besar pengaruhnya masih belum dapat dihitung, karena perkembangan yang pesat dari bank tersebut.
Untuk BBNI, yang banyak di timpa dengan issue negatif sejak divestasi terakhir tahun lalu, membuat performance saham tersebut tersendat-sendat terus, malah sudah tergerus di level Rp. 1200 an.
Yang terakhir mengenai BBNI adalah penurunan laba bersih karena adanya cadangan provisi. Sebenarnya hal tersebut akan membuat kinerjanya di tahun 2008 akan semakin baik.

Karena itu, baik untuk BMRI mau pun BBNI, rekomendasi untuk level harga sekarang adalah BUY.

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE