Tuesday, April 22, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED APRIL 22, 2008

DON'T WORRY, IT IS A NORMAL CORRECTION ONLY !!!!

Market hari ini dibuka dengan minus, mengikuti bursa-bursa regional. Kalau kemarin market dibuka menguat lalu ditutup turun, maka hari ini market dibuka minus dan ditutup tetap minus.

Secara fundamental, tidak ada perubahan dari saham-saham yang listed di bursa, bahkan beberapa sudah mulai mempublikasikan laporan keuangan kwartal pertama. Dan di antara yang sudah dipublikasikan, memang masih menunjukkan pertumbuhan. Jadi tidak perlu khawatir berlebihan.

Secara teknikal, seperti ditulis kemarin-kemarin, memang market sementara ini overbought dan akan ada koreksi sehat, makanya dari kemarin-kemarin investor diminta untuk profit taking dulu.
Sebenarnya, moment yang paling pas untuk profit taking adalah tanggal 21 April 2008 sesi pertama. Market dibuka langsung gap up di level 2381, naik 19 point, lalu naik ke level 2387, tetapi tidak kuat, lalu melorot ke bawah dan terus turun ke bawah.
Waktu indeks mulai melorot dari level tertinggi di level 2387, lalu terus turun, itu saatnya untuk melepas barang, karena kekuatan pasar untuk membeli, kalah dengan kekuatan untuk menjual.

Hari ini, walau pun indeks turun dalam, tetapi tidak disertai dengan volume yang significant. Jika dilihat secara teknikal, besok indeks masih akan turun, tetapi tidak akan terlalu dalam seperti hari ini. Penurunan indeks juga akan terbatas dalam satu dua hari ke depan, karena indeks sekarang ini mulai terlihat oversold. Artinya secara teknikal, market sewaktu-waktu bisa rebound kembali.

Jika besok volume market masih tipis seperti hari ini, ada kemungkinan market masih tetap terkoreksi. Tetapi jika ada kekuatan pasar yang masif untuk membeli, market bisa saja tiba-tiba rebound kembali.

Market tanggal 23 April 2008

AALI BOW, JIKA NAIK DENGAN VOLUME TINGGI, HIT ATAS
ASII BOW
BBCA BOW
BBNI BOW
BMRI BOW
BNBR BOW
BTEL BUY
BUMI SELL
ELTY SELL
ENRG BOW
INCO BOW
INDF BOW
ISAT BOW
MEDC SELL
PGAS BUY
PTBA BOW
SGRO BUY
TLKM BOW
UNSP BOW
UNTR BOW
SIAP-SIAP BUY EPMT KALAU NAIK BESOK

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE