Tuesday, April 15, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED APRIL 15, 2008

MARKET MULAI MENEMUKAN JATI DIRINYA !!!

Mengapa disebut demikian ?
Karena, penutupan Dow Jones kemarin minus, Hang Seng dan Nikkei yang selama ini menjadi patokan investor Indonesia juga tidak menguat secara significant, tetapi indeks BEI hari ini bisa terjaga terus sepanjang perdagangan dilevel positif dan ditutup dengan naik 21 point.

Kemarin, dalam blog ini ditulis, jika hari ini volume perdagangan tipis, tidak tertutup kemungkinan indeks akan minus dan menutup gapnya. Ternyata, yang terjadi hari ini malah volume perdagangan yang masuk demikian deras, membuat indeks kembali bergairah.

Saham-saham yang tadinya tertekan dalam, hari ini kembali diburu oleh para investor.
Hari ini sebagian besar broker asing menjadi Net Buyer. Ini menandakan bahwa Investor asing yang tadinya skeptis terhadap pasar modal Indonesia, mulai melihat fundamental yang ada dan melakukan pembelian kembali.

Jika membaca kembali tulisan-tulisan minggu-minggu yang lalu, di saat market turun tajam dan mayoritas Investor melakukan penjualan, rekomendasi untuk berpegang pada saham-saham yang berfundamental bagus, sekarang baru menjadi kenyataan.
Di saat market kembali berpikir secara logic, maka yang pertama akan dikejar adalah fundamental. Analisa teknikal hanya mencari timing yang tepat untuk masuk ke market.

Secara medio term, market mulai menemukan keseimbangannya kembali dan perlahan-lahan akan bergerak ke arah positif. Tetapi, dalam satu dua hari ke depan, market sudah mulai jenuh beli dan akan ada koreksi yang sehat terhadap market. Jadi, jika sudah profit, sebaiknya dinikmati dulu.

Market 16 April 2008

AALI SELL INTO STRENGTH
ANTM BUY
ASII BUY
BBCA BUY
BBRI BOW
BMRI BOW
BNBR BUY
BNGA BUY
DEWA BUY
ELTY BUY
ENRG BUY
INCO BUY
INDF BUY
ISAT BOW
MEDC BUY
PGAS BOW
PTBA BOW
SGRO SELL INTO STRENGTH
TLKM BUY
UNSP SELL INTO STRENGTH
UNTR SELL INTO STRENGTH

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE