Wednesday, April 16, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED APRIL 16, 2008

HOPEFULY THIS IS A SUISTAINABLE MARKET !!!

Hari ini, indeks kembali ditutup dengan menguat 43.66 point. Kenaikan yang tertinggi sejak minggu lalu.
Hari ini, indeks ditutup dengan volume transaksi yang naik secara significant, melebihi volume dua hari terakhir.
Hari ini, kelihatannya merupakan hari terakhir crossing saham-saham Bakrie group, ELTY, ENRG dan BUMI.
Hari ini, Top 6 brokers in term of value, no 2 sampai dengan no. 6 dikuasai oleh broker asing dengan transaksi Net Buyer.
Hari ini, value transaksi Bursa Efek Indonesia mencapai salah satu rekor transaksi tertinggi karena crossing saham-saham group Bakrie, sebesar 20,8 Triliun. LUAR BIASA !

Jika disimak tulisan-tulisan yang lalu, yang memberi ide untuk Buy and Hold, karena asing mulai melakukan pembelian secara perlahan-lahan. Ide untuk tetap membeli di tengah-tengah penjualan masif oleh investor asing, karena mereka tidak mengenal secara dalam peta dan kondisi market Indonesia. Yang tahu mengenai kondisi emiten di Indonesia adalah para Investor domestiknya.
Karena itu, jika hari ini investor asing mulai masuk kembali ke Indonesia, menunjukkan bahwa kepercayaan mereka terhadap market Indonesia mulai pulih kembali.

Hal ini menunjukkan bahwa asing tidak selamanya benar dan lokal tidak selamanya salah ! Makanya, jangan terlalu berpegang kepada hasil riset asing yang kadang-kadang memiliki persepsi yang terlalu negatif terhadap kondisi market di Indonesia ini.

Market tanggal 17 April besok, market kelihatannya masih akan tetap reli, terlepas dari data-data ekonomi Amerika yang akan di rilis malam ini.
Namun tetap harus diingat, market sementara ini sudah memasuki level overbought, jadi sewaktu-waktu bisa ada koreksi minor.
Untuk yang trading short term, harus siap-siap buang barang, tetapi bagi yang memiliki horizon yang panjang, koreksi menjadi kesempatan untuk mengumpulkan barang.

Untuk Market 17 April 2008

AALI SELL INTO STRENGTH
ANTM BUY
ASII BUY
BBCA BUY
BBRI BUY
BMRI BOW
BUMI BUY
ELTY BUY
ENRG BUY
INCO SELL INTO STRENGTH
INDF SELL INTO STRENGTH
ISAT BUY
MEDC SELL INTO STRENGTH
PGAS BOW
PTBA BUY
SGRO SELL INTO STRENGTH
TLKM BOW
UNSP SELL INTO STRENGTH
UNTR BUY

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE