Friday, December 28, 2012

STOCK MARKET COMMENT, DATED DECEMBER 28, 2012

PASAR SAHAM INDONESIA

WINDOW DRESSING, INDEX CLOSED AT 4316 !

Akhirnya, hari terakhir perdagangan tahun 2012 dapat ditutup di atas level 4300 kembali, tepatnya 4316. Dari pre opening, Index langsung menggebrak dan naik 17 point, walau pun sempat tergerus, naik tinggal 11 point di regular market, namun Index terus bergerak naik kembali hingga akhirnya sesi 1 dapat ditutup naik 29 point di level 4311.

Sesi 2 Index tetap bergerak di sekitar kenaikan 30 point membuat Index sepanjang hari ini bergerak secara full di teritori positif. Akhirnya sesi 2 ditutup dengan kenaikan 34 point di level 4316.

Dibandingkan dengan penutupan Index tahun 2011 di level 3821, berarti tahun ini Index ditutup dengan kenaikan 495 point atau 12.95 %.

Total volume transaksi hari ini : 6.9 miliar saham (termasuk crossing saham BHIT dan KPIG)
Total value transaksi : 5.5 T rupiah
Jumlah saham yang naik : 176 saham
Jumlah saham yang turun : 81 saham
Jumlah saham yang statis : 89 saham

Sektor Industri yang naik, ada 9 sektor, dengan 1 sektor yang turun.

Sektor Perkebunan : 32 point
Sektor Aneka Industri : 12 point
Sektor Infrastruktur : 10 point
Sektor Perdagangan : 9 point
Sektor Pertambangan : 6 point
Sektor Keuangan : 5 point
Sektor Properti : 5 point
Sektor Manufaktur : 2 point
Sektor Industri Dasar : 2 point

Sektor Konsumer : -5 point

Untuk perdagangan tahun depan, dilihat secara teknikal, seharusnya Index masih bisa bergerak naik.  Namun dengan penutupan market hari ini yang sedikit mengandung "window dressing" , maka untuk perdagangan awal tahun sebaiknya tidak dilakukan prediksi dari sekarang, untuk menghindari distorsi-distorsi yang mungkin akan terjadi sepanjang liburan panjang.

Market 2 Januari 2013

ASII - TRADING BUY
Dengan penutupan hari ini, menunjukkan Buyers mulai mengambil kendali, membuat ASII mulai memasuki area trading lagi, karena itu untuk perdagangan berikutnya potensi kenaikan ASII akan lebih besar dari pada penurunan.

BMRI - TRADING BUY
BMRI juga mulai mengalami perubahan trend, karena dapat melepaskan diri dari tekanan jual dan mulai memasuki area trading, sehingga potensi kenaikannya juga lebih besar.

BBRI - FLAT TO HIGHER
Sementara ini BBRI masih belum menunjukkan kekuatan naik yang solid. Seperti hari ini, sudah behasil mencapai harga tertinggi di 7.100, namun akhirnya harus ditutup di harga 6.950 dan membentuk doji berturut-turut selama 3 hari. Namun dengan penutupan hari ini, BBRI masih menyimpan kekuatan untuk naik.

BBNI - SELL ON STRENGTH
Sementara ini BBNI mulai mengalami koreksi minor, setelah mencapai harga tertinggi kemarin. Penutupan di harga terendah hari ini menunjukkan adanya tekanan jual atau profit taking yang terjadi.

MORE TRADING IDEAS

BUY ON WEAKNESS : BBTN - CMNP - JMSR - INDY

SPECULATIVE TRADING :
BHIT - DGIK - CNKO - PGAS - GIAA - MNCN - AKRA - HRUM - GJTL - IMAS - KLBF

happy trading



caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE