Wednesday, January 2, 2013

STOCK MARKET COMMENT, DATED JANUARY 2, 2013

PASAR SAHAM INDONESIA

NEW YEAR, NEW SPIRIT !

Hari ini merupakan hari pertama perdagangan di tahun 2013, dengan aturan baru, jam perdagangan baru, yang dimulai dari jam 8.55 untuk pasar pre opening dan jam 9.00 sebagai pembukaan regular market.
Hari ini, Index langsung dibuka dengan plus 5 point di sesi pre opening, lalu naik lagi 10 point di regular market dan sepanjang hari perdagangan, Index berada di teritori positif.
Sempat naik tertinggi hingga 47 point di level 4364, akhirnya sesi 1 ditutup naik 31 point di level 4348.

Sesi 2 market mulai sedikit mengenndur, walau pun tetap masih bermain di teritori positif, namun kenaikan lebih banyak bergerak di level kenaikan 20 point lebih. Sesi 2 akhirnya ditutup naik 29 point di level 4346.

Market hari ini : open 4322 high 4364 low 4316 close 4346

Total volume transaksi hari ini : 3.6 miliar saham
Total value transaksi : 4.7 T rupiah
Jumlah saham yang naik : 142 saham
Jumlah saham yang turun : 103 saham
Jumlah saham yang statis : 90 saham

Sektor Industri yang naik hari ini :
Sektor Pertambangan : 105 point
Sektor Perkebunan : 59 point
Sektor Konsumer : 18 point
Sektor Perdagangan : 11 point
Sektor Keuangan : 3 point
Sektor Properti : 0.03 point

Sektor Industri yang turun :
Sektor Aneka Industri : -18 point
Sektor Industri Dasar : -8 point
Sektor Manufaktur : -4 point
Sektor Infrastruktur : -4 point

Walau pun hari ini Index dibuka dengan kenaikan yang cukup tinggi, namun untuk kenaikan yang terjadi hari ini bisa saja masih berupa euphoria pembukaan tahun, sehingga untuk perdagangan besok sudah harus lebih berhati-hati, kalau pun Index bergerak naik, namun jika diurutkan dari perdagangan tahun lalu, atau minggu lalu, Index sudah naik 4 hari secara berturut-turut. Artinya, Index sudah mengalami kenaikan yang cukup tinggi, sehingga resiko aksi profit taking selalu ada.

Market 3 Januari 2013

ASII - BUY ON WEAKNESS
Walau pun hari ini ASII mengalami penurunan, tetapi trend kenaikannya masih berlaku, sehingga penurunan yang terjadi hari ini bisa dianggap koreksi minor. Karena itu, jika besok masih melemah, tetap lakukan pembelian, atau jika rebound, boleh membeli mengikuti kenaikannya.

BMRI - TRADING BUY
Kenaikan BMRI hari ini merupakan hari kedua, dengan penutupan di harga tertinggi juga, masih menandakan kekuatan Beli yang mendominasi. Namun trading range yang mulai bergerak naik juga akan membuat BMRI rentan terhadap profit taking. Karena itu, harus di waspadai, jika kenaikannya sudah mulai tertahan, sebaiknya lakukan profit taking dulu.

BBRI - BUY ON BREAKOUT
Setelah side ways hampir satu minggu terakhir ini, hari ini BBRI mulai bergerak naik, namun masih gerakan yang "ragu-ragu", bolume nya pun masih jauh dari mendukung. Karena itu, jika besok BBRI bisa mendobrak harga 7.100 dengan kekuatan volume yang besar, Buy.

BBNI - SELL ON STRENGTH
Setelah dibuka di harga 3.700, sempat naik hingga harga 3.800, akhirnya BBNI harus ditutup di harga 3.725, jauh dari harga tertinggi. Hal ini bisa menandakan tiadanya kekuatan beli yang solid untuk mendukung kenaikannya. Karena itu, untuk perdagangan besok, harga 3.800 akan menjadi resistensi minor buat BBNI.

MORE TRADING IDEAS

BUY ON WEAKNESS : SMCB - AKRA

TRADING BUY : BBTN - BWPT - CMNP - UNVR

SPECULATIVE TRADING : BRMS - BUMI - INTA - BMTR - BSDE - BORN - MAIN - DKFT

happy trading



caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment
 

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE