Monday, January 7, 2013

STOCK MARKET COMMENT, DATED JANUARY 7, 2013

PASAR SAHAM INDONESIA

A HEALTHY CORRECTION !

Akhirnya, setelah mencapai puncak tertinggi minggu lalu, akhirnya hari ini Index mengalami koreksi,  walau pun sempat menyentuh angka level tertinggi harian, 4427, rekor tertinggi baru juga.
Dibuka dengan minus 2 point di pre opening market, lalu naik 4 point di pembukaan regular market, Index mulai bergerak naik, hingga kenaikan tertinggi harian 17 point di level 4427. Namun 1 jam menjelang penutupan sesi 1, Index mulai mengalami koreksi, hingga Sesi 1 akhirnya ditutup naik 1.7 point di level  4411.

Sesi 2 dibuka dengan penurunan 1.5 point dan sepanjang sesi 2, Index berada di teritori negatif. Penurunan terendah harian, minus 22 point di level 4387. Sesi 2 akhirnya ditutup minus 17 point di level 4392.

Market hari ini : open 4407 high 4427 low 4387 close 4392

Total volume trading hari ini : 4.3 miliar saham
Total value trading : 4.8 T rupiah
Jumlah saham yang naik : 104 saham
Jumlah saham yang turun : 149 saham
Jumlah saham yang statis : 94 saham

9 Sektor Industri mengalami penurunan hari ini :
Sektor Pertambangan : -17 point
Sektor Aneka Industri : -15 point
Sektor Konsumer : -12 point
Sektor Manufaktur : -9 point
Sektor Perkebunan : -6 point
Sektor Infrastruktur : 4 point
Sektor Industri Dasar : -3 point
Sektor Perdagangan : -2 point
Sektor Properti : -0.4 point  

Hanya ada satu Sektor Industri yang naik hari ini :
Sektor Keuangan : 1.6 point

Dengan penutpan Indexs hari ini yang mengalami koreksi, yang merupakan koreksi minor, membuat Index bergerak secara sehat, sehingga bisa menemukan titik keseimbangan baru.
Seharusnya hari ini merupakan hari pertama dari aksi profit taking atau koreksi minor yang terjadi, sebelum bergerak ke level yang lebih tinggi.
Jadi untuk perdagangan besok, setidaknya akan terlihat adanya aksi profit taking untuk saham-saham yang sudah naik terlalu tinggi, mau pun terlalu cepat.

Market 8 Januari 2013

ASII - SPECULATIVE TRADING
Masih seperti kemarin, hari ini biasanya merupakan hari penentuan bagi ASII, karena biasanya hari ketiga akan mengalami kenaikan dengan melewati harga 7.900 dan dengan volume yang besar.
Jika tidak, harga akan terkoreksi kembali. Kadang-kadang bisa saja naik pada hari keempat, karena itu, syarat untuk naik harus melihat volume dan penembusan harga. Jika tidak berarti gagal.

BMRI - SELL ON STRENGTH
Untuk sementara ini harga 8.300 menjadi resistensi minor untuk BMRI dan sudah 3 hari berturut-turut harga tertahan di situ dan turun kembali. Dengan kondisi demikian, kelihatannya BMRI akan mengalami koreksi dulu.

BBRI - SELL INTO STRENGTH
Kemarin BBRI direkomendasikan untuk menjual mengikuti kenaikannya dan ternyata memang setelah naik ke harga tertinggi, akhirnya BBRI ditutup dengan doji.  Artinya mulai ada  Seller yang melakukan aksi profit taking. Jika besok harga masih bergerak naik, tetap lakukan penjualan.

BBNI - SPECULATIVE TRADING
Kekuatan beli yang masih masuk ke BBNI, membuat harganya masih tetap bergerak naik, juga dengan volume yang besar dan mendukung. Namun Stochastic sudah berada di area over bought membuat perdagangan BBNI menjadi lebih beresiko.

MORE TRADING IDEAS

BUY ON WEAKNESS : PTPP - GGRM - INTP

TRADING BUY : SMGR

SPECULATIVE TRADING : TLKM - BBCA

happy profit taking



caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment
                        




No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE