Thursday, January 3, 2013

STOCK MARKET COMMENT, DATED JANUARY 3, 2013

PASAR SAHAM INDONESIA

NEW YEAR, NEW SPIRIT, NEW HIGH RECORD !

Luar biasa ! Pada hari ke 2 perdagangan bursa Indonesia, Index kembali mencetak rekor tertinggi baru, sempat mencapai level 4401, tetapi akhirnya ditutup di level 4399.
Dibuka di pre opening dengan kenaikan hampir 10 point, lalu langsung melejit naik 22 point di pembukaan regular market, Index terus bergerak naik, hingga mencapai level tertinggi di 4401 setengah jam menjelang penutupan sesi 1. Sesi 1 akhirnya ditutup naik 50 point di level 4397.

Sesi 2 Index mulai sedikit mengendur, walau pun kenaikan masih berada di atas 40 point. Sempat sebentar turun ke bawah 40 point beberapa saat menjelang penutupan, tetapi akhirnya sesi 2 ditutup naik 52 point di level 4399 ! New High Record !
Lunas sudah, penurunan yang terjadi di minggu kedua Desember 2012, yang turun hingga ke level 4222.

Market hari ini : open 4356 high 4401 low 4356 close 4399

Total volume trading hari ini : 5.3 miliar saham
Total value trading : 6.3 T rupiah
Jumlah saham yang naik : 164 saham
Jumlah saham yang turun : 81 saham
Jumlah saham yang statis : 79 saham

Setelah sekian lama, hari ini, sektor-sektor industri yang ada, naik semua !!!!
Sektor Aneka Industri : 49 point
Sektor Perkebunan : 42 point
Sektor Manufaktur : 18 point
Sektor Konsumer : 15 point
Sektor Infrastruktur : 14 point
Sektor Properti : 8 point
Sektor Pertambangan : 4 point
Sektor Keuangan : 4 point
Sektor Perdagangan : 4 point
Sektor Industri Dasar : 1 point

Dengan kenaikan Index hari ini yang merupakan rekor terbaru, maka biasanya akan mengalami koreksi minor pada perdagangan hari berikutnya, atau jika market masih kuat, bisa saja besok masih akan bergerak naik. Namun, karena sudah bergerak naik selama 5 hari berturut-turut, maka biasanya akan ada aksi profit taking yang mengikuti. Karena itu, bharus lebih berhati-hati.
Untuk besok, sebaiknya profit taking !

Market 4 Januari 2012

ASII - SPECULATIVE TRADING
Setelah mengalami pelemahan kemarin, hari ini ASII kembali ditutup dengan kenaikan yang cukup tinggi juga dengan volume yang besar. Seharusnya, hal ini masih membawa potensi kenaikan untuk trading besok, hanya saja karena kenaikan yang terlalu tajam dan stochastic juga sudah mulai memasuki area over bought, maka perdagangan untuk ASII akan lebih mengandung resiko aksi profit taking.

BMRI - SPECULATIVE TRADING
Walau pun sempat naik lebih tinggi dibandingkan penutupan kemarin, akhirnya BMRI harus ditutup dengan doji, sama dengan harga pembukaan. Harga yang sempat bergerak turun menandakan mulai adanya Seller yang melakukan penjualan. Karena itu, untuk perdagangan besok, BMRI juga masih akan bergejolak, walau pun masih memiliki potensi untuk naik, namun resikonya juga akan lebih besar.

BBRI - SPECULATIVE TRADING BUY
Akhirnya BBRI dapat keluar dari side ways yang melanda hampir satu minggu terakhir dan bahkan hari ini bisa ditutup di harga tertinggi harian. Seharusnya BBRI masih bisa melanjutkan kenaikannya pada perdagangan besok, hanya saja stochastic sudah masuk di area over bought, jadi harus lebih berhati-hati.

BBNI - SELL ON STRENGTH
Untuk sementara BBNI masih bergerak side ways di range harga 3.700 - 3.800, namun dengan kecenderungan menurun. Apalagi jika harga tertembus di bawah 3.700, maka penurunannya akan terkonfirmasi.

MORE TRADING IDEAS

BUY ON WEAKNESS : TOTL - BBTN - GGRM

TRADING BUY : BSDE - AKRA - SMGR

SPECULATIVE TRADING : KLBF - PNLF - SMCB - PGAS - BMTR - CMNP  - LPCK



Happy profit taking
 
caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment
 




No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE