Tuesday, January 22, 2013

STOCK MARKET COMMENT, DATED JANUARY 22, 2013

PASAR SAHAM INDONESIA

TOWARD A NEW EQUILIBRIUM !

Seperti yang diperkirakan kemarin, hari ini memang Index masih bergerak turun, walau pun tidak begitu dalam. Dibuka dengan minus 12 point di pre opening, lalu minus tinggal 7 point di regular market, Index malah sempat berubah positif selama 2 menit di menit-menit awal perdagangan. Sesudah itu terus bergerak turun dan sepanjang sesi 1 Index berada di teritori negatif. Sesi 1 akhirnya ditutup minus 28 point di level 4411.

Sesi 2 Index tetap berada di teritori negatif, bahkan di sepanjang perdagangan sesi 2. Index sempat turun terendah, minus  40 point di level 4399. Akhirnya sesi 2 ditutup minus 23 point di level 4416.

Market hari ini : open 4427 high 4441 low 4399 close 4416

Total volume trading hari ini : 6.3 miliar saham ( termasuk crossing saham KIJA )
Total value trading : 4.8 T rupiah
Jumlah saham yang naik : 106 saham
Jumlah saham yang turun : 150 saham
Jumlah saham yang statis : 84 saham

Sektor Industri yang naik :
Sektor Aneka Industri : 5 point
Sektor Properti : 3 point
Sektor Industri Dasar : 2 point
Sektor Manufaktur : 0.4 point

Sektor Industri yang turun :
Sektor Pertambangan : -36 point
Sektor Perkebunan : -19 point
Sektor Konsumer : -8 point
Sektor Keuangan : -6 point
Sektor Perdagangan : -5 point
Sektor Infrastruktur : -3 point

Dengan penurunan Index hari ini, masih membuka peluang untuk penurunan lebih lanjut pada perdagangan besok. Untuk sementara Index akan bergerak turun dulu untuk mencari titik keseimbangan baru.
Patut dicatat bahwa secara umum Index memiliki nsupport level yang cukup kuat di level 4300. Untuk sementara, Index juga mulai tertahan di level 4400, untuk sementara waktu. Pertanyaannya adalah, apakah support di level 4400 akan bisa bertahan untuk perdagangan besok ? Jika iya, berarti Index mulai menemukan support berikut, sesudah 4300.

Market 23 Januari 2013

ASII - SPECULATIVE TRADING
Walau pun masih bisa bergerak naik, yang ditandai dengan penutupan hari ini yang positif, disertai dengan volume yang lebih besar dari kemarin, namun stochastic yang sudah di area over bought membuat  kenaikan ASII akan lebih terbatas.

BMRI - SELL ON STRENGTH
Gerakan harga BMRI hari ini cukup volatile, dibuka dengan gap ke bawah, namun masih bisa bergerak ke atas dan menutup gapnya, tetapi kemudian tetap di tutup di harga bawah juga. Untuk perdagangan besok, walau pun bisa bergerak naik, namun masih akan mengalami tekanan jual.

BBRI - SELL ON STRENGTH
Setelah naik cukup tinggi selama beberapa hari, BBRI mulai memasuki area koreksi, yang sudah berlangsung selama 2 hari. Besok kelihatannya masih akan melanjutkan penurunannya, walau pun ada rebound, paling akan membentuk candle kecil.

BBNI - SELL ON STRENGTH
Harga BBNI yang bergerak side ways untuk sementara, membuat stochastic mulai bergerak naik ke arah over bought, sehingga akan menahan kenaikan BBNI lebih lanjut untuk sementara ini.

MORE TRADING IDEAS

BUY ON WEAKNESS : SMRA - INDY - ASGR - MPPA

SPECULATIVE TRADING : SSIA - BBTN - PTPP - MNCN - KLBF - WIKA - RALS

happy trading



caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment



No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE