Friday, December 14, 2012

STOCK MARKET COMMENT, DATED DECEMBER 14, 2012

PASAR SAHAM INDONESIA

INDEX IS DOWN, BUT STILL ABOVE 4300 LEVEL !

Sepanjang perdagangan hari ini, Index berada di teritori negatif, kecuali pre opening yang dibuka naik 0.18 point. Setelah itu, turun 11 point di pembukaan regular market, lalu sempat naik kembali, minus tinggal 0.1 point, tetapi kemudian bergerak turun lagi hingga minus terdalam 33 point lebih, namun akhirnya  sesi 1 ditutup minus 28 point di level 4291.

Sesi 2 Index masih mengalami tekanan, baru dibuka kurang dari 10 menit, Index sempat turun terdalam minus 36,9 point lalu mulai membaik, minus di bawah range 30 point, hingga akhirnya 1 menit menjelang penutupan, Index berhasil memperbaiki diri dan ditutup minus 11 point di level 4308.

Market hari ini : open 4320 high 4321 low 4283 close 4308

Total volume perdagangan hari ini : 3.7 miliar saham
Total value trading : 4.7 T rupiah
Jumlah saham yang naik : 99 saham
Jumlah saham yang statis : 101 saham
Jumlah saham yang turun : 128 saham

Sektor Industri yang naik hari ini :
Sektor Konsumer : 36 point
Sektor Manufaktur : 12 point
Sektor Industri Dasar : 2 point
Sektor Properti : 1 point

Sektor Industri yang turun :
Sektor Perkebunan : -23 point
Sektor Pertambangan : -19 point
Sektor Infrastruktur : -15 point
Sektor Keuangan : -4 point
Sektor Perdagangan : -3 point
Sektor Aneka Industri : -0.3 point

Dengan penutupan hari ini, terlihat Index masih mengalami tekanan jual, hanya saja masih ada sisa-sisa kekuatan yang membuat Index tetap bisa bertahan di atas level 4300.
Untuk perdagangan minggu depan, Index terlihat masih akan mengalami koreksi. Pertanyaannya adalah, apakah level support 4300 akan tertembus ?

Market 17 Desember 2012

ASII - SELL ON STRENGTH
Setelah naik cukup tinggi, 2 hari  berikutnya ASII mengalami koreksi. Untuk sementara, ASII juga sudah berada di area over bought, karena itu minggu depan bisa saja akan terjadi aksi profit taking, sehingga harga akan bergerak turun lagi.

BMRI - BUY ON WEAKNESS
Walau pun sempat turun, namun BMRI akhirnya bisa ditutup sama dengan harga pembukaannya, atau tutup di doji atas. Walau pun harga masih tidak bergerak secara agresif, namun jika masih turun, dapat dilakukan pembelian secara gradual atau bahkan jika naik bisa dilakukan Trading Buy.

BBRI - SELL ON STRENGTH
BBRI tidak berhasil melanjutkan kenaikan kemarin, bahkan hari ini mengalami penurunan. Bahkan perdagangan minggu depan terlihat masih akan melanjutkkan penurunannya.

BBNI - SPECULATIVE TRADING BUY
Setelah beberapa hari berusaha untuk naik, namun gagal pada perdagangan kemarin, tetapi hari ini BBNI kembali berhasil ditarik naik lagi. Setelah kenaikan hari ini, kelihatan bahwa minggu depan BBNI masih akan mencoba untuk meneruskan kenaikannya. 

MORE TRADING IDEAS

BUY ON WEAKNESS : UNVR - WIKA - BBKP - ASRI - PTPP - BORN - MAPI

SPECULATIVE TRADING : GIAA - TOTL - SMGR

happy trading



caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment
 

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE