Thursday, December 6, 2012

STOCK MARKET COMMENT, DATED DECEMBER 6, 2012

PASAR SAHAM INDONESIA

MARKET'S UP YET NOT STRONG ENOUGH !

Walau pun hari ini market ditutup dengan positif, namun penutupan hari ini masih belum menunjukkan kekuatan market yang solid. Sepanjang perdagangan hari ini Index memang berada di teritori positif, sempat minus 4 point, 2 menit menjelang penutupan, namun akhirnya Index tetap ditutup naik 5 point di level 4292.

Dibuka dengan kenaikan 9 point dan 6 point di pre opening dan regular market, Index terus bergerak naik hingga kenaikan tertinggi 19 point, namun sesi 1 akhirnya ditutup hanya naik 9 point di level 4296.

SEsi 2 Index juga tidak begitu kuat, dengan kenaikan tertinggi hanya 12 point, namun setengah jam menjelang penutupan Index malah mulai mengendor, hingga akhirnya masih ditutup positif.

Market hari ini : open 4296 high 4306 low 4282 close 4292

Total volume trading hari ini : 5.7 miliar saham (termasuk crossing saham CPIN)
Total value trading : 6.2 T rupiah
Jumlah saham yang naik : 123 saham
Jumlah saham yang statis : 97 saham
Jumlah saham yang turun : 121 saham

Sektor Industri yang naik :
Sektor Konsumer   :  14 point
Sektor Pertambangan   :  6 point
Sektor Manufaktur   :  4 point
Sektor Properti   :  3 point
Sektor Industri Dasar   :  1 point
Sektor Perdagangan   :  0.5 point

Sektor Industri yang turun :
Sektor Perkebunan   :  -6 point
Sektor Keuangan   :  -1.7 point
Sektor Aneka Industri   :  -1.6 point
Sektor Infrastruktur   :  -0.3 point

Dengan penutupan Index hari ini, maka pergerakan Index besok masih akan mengalami mixed. Dengan penutupan yang tidak maksimal ke harga atas, membuat kekuatan naik market menjadi berkurang. Namun, biasanya, setelah kenaikan yang cukup tinggi kemarin, bisa saja market mengalami "paused" hari ini, sehingga bisa saja besok masih akan melanjutkan kenaikannya kembali. Pergerakan Index besok juga masih didukung oleh Stochastic yang mulai memasuki Trading Range Area.

Market 7 Desember 2012

ASII - BUY ON WEAKNESS
Pergerakan harga ASII hari ini bisa dikategorikan sebagai gerakan harga yang mengalami "paused" sehingga untuk sementara harga belum bergerak secara agresif ke atas. Paused yang terjadi bisa saja berlangsung 1 sampai dengan 3 hari. Karena itu, jika harga masih melemah, bisa dilakukan Buy on Weakness, tetapi jika bergerak kuat dan naik, bisa langsung lakukan pembelian.

BMRI - BUY ON WEAKNESS
Pergerakan BMRI masih tertahan untuk sementara dan harga masih diotutup ke level bawah. Untuk BMRI, masih berlaku Buy on Weakness.

BBRI - SPECULATIVE TRADING
Penutupan harga BBRI yang membentuk "doji" 2 hari berturut-turut, membuat pergerakan harganya untuk sementara masih belum memiliki arah yang jelas. Namun, dengan penutupan kemarin di harga tertinggi dan penutupan hari ini yang juga berada di harga atas, membuat BBRI masih lebih memiliki peluang untuk naik pada perdagangan besok.

BBNI - BUY ON WEAKNESS
Penutupan BBNI yang masih bermain di harga bawah membuat pergerakan harganya untuk sementara menjadi tertekan. Namun harga-harga terendah selama ini disekitar 3.500 kelihatannya akan menjadi support sementara untuk BBNI.

MORE TRADING IDEAS

BUY ON WEAKNESS : BWPT - AKRA - CMNP - BJBR - PTBA

TRADING BUY : TLKM - HRUM

SPECULATIVE TRADING : KIJA - BSDE - ADRO - IDKM

happy trading



caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE