Tuesday, December 4, 2012

STOCK MARKET COMMENT, DATED DECEMBER 4, 2012

PASAR SAHAM INDONESIA

INDEX BREAK 4300 SUPPORT, WHAT NEXT ?

Setelah kemarin mengalami rebound atau penguatan, hari ini Index kembali mengalami tekanan jual dan bahkan ditutup di bawah garis support 4300 yang selama ini terjaga baik.
Dibuka dengan minus 20 point dan 23 point di pre opening dan regular market, itu sudah berada di bawah 4300, yaitu 4281 dan 4278. Index kemudian terus bergerak turun, minus hampir 40 point dalam 15 menit perdagangan !
Sepanjang sesi 1, Index bergerak dalam range penurunan 25 point - 38 point, hingga akhirnya ditutup minus 30 point di level 4271.

Di Sesi 2 Index makin mengalami tekanan jual, hingga minus terdalam, minus 56 point di level 4246. Di sepanjang sesi 2 juga Index bergerak dalam range minus di atas 30 point, hingga 53 point. Sesi 2 akhirnya ditutup minus 32 point di level 4269.

Market hari ini : open 4281 high 4284 low 4246 close 4269

Total volume transaksi hari ini : 4.1 miliar saham
Total value trading hari ini : 5.5 T rupiah
Jumlah saham yang naik : 122 saham
Jumlah saham yang turun : 122 saham
Jumlah saham yang statis : 87 saham

Walau pun turuncukup dalam, masih ada beberapa sektor industri yang mengalami kenaikan :
Sektor Konsumer     :   10 point
Sektor Perkebunan     :   9 point
Sektor Pertambangan     :   6 point
Sektor Infrastruktur     :   6 point
Sektor Perdagangan     :   3 point

Yang mengalami penurunan :
Sektor Aneka Industri     :   -43 point
Sektor Keuangan     :   -15 point
Sektor Manufaktur     :   -9 point
Sektor Industri Dasar     :   -1.5 point
Sektor Properti     :   -0.4 point      

Dengan penutupan Index hari ini, terlihat bahwa Index masih mengalami tekanan jual, walau pun menjelang penutupan Index mengalami perbaikan sedikit. Dari minus 56 menjadi minus 32.
Karena itu, untuk perdagangan besok, walau pun tekanan jual masih tetap tersisa, namun Buyers mulai masuk secara gradual.
Jadi untuk perdagangan besok, bisa saja dibuka dengan penurunan, namun akan ditutup dengan perbaikan atau malah positif.

Market 5 Desember 2012

ASII - BUY ON WEAKNESS
Hari ini ASII mengalami tekanan jual yang lebih besar dibandingkan kemarin. Perlawanan dari Buyers juga berkurang dibandingkan dengan kemarin, ini  ditandai dengan volume yang besar dan penutupan yang tetap di harga bawah. Tetapi karena ASII sudah berada di peak over sold, jadi sewaktu-waktu bisa rebound kembali. Karena itu untuk sementara tetap Buy on Weakness.

BMRI - BUY ON WEAKNESS
Setelah kemarin mengalami rebound sesaat, hari ini BMRI kembali mengalami tekanan jual. Sama seperti ASII, BMRI juga sudah berada di level over sold, karena itu sudah bisa dilakukan pembelian di bawah.

BBRI - BUY ON WEAKNESS
Walau pun rebound hari ini, namun untuk BBRI masih berlaku sama, Buy on Weakness, karena belum menunjukkan pergerakan trend yang jelas.

BBNI - BUY ON WEAKNESS
Seperti prediksi kemarin bahwa untuk sementara pergerakan BBNI akan paused dulu, harga masih akan bergerak dalam range sehari sebelumnya. Untuk besok, bisa saja BBNI mengalami rebound, tapi harus dengan volume yang lebih besar dari hari ini. Jika tidak, maka harga akan bergerak flat.

MORE TRADING IDEAS

BUY ON WEAKNESS : CMNP - TLKM - AKRA - PTBA

SPECULATIVE TRADING : KLBF - PGAS - ICBP - UNTR - HARUM

happy trading



caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment

 

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE