Tuesday, December 18, 2012

STOCK MARKET COMMENT, DATED DECEMBER 18, 2012

PASAR SAHAM INDONESIA

INDEX STILL MAINTAINING 4300 LEVEL !

Sempat naik dulu 4 point dan 5 point di pre opening dan regular opening, bahkan naik hingga level tertinggi hari ini, 13 point dalam 5 menit pertama perdagangan. Sesudah itu Index mulai mengendur dan mengalami penurunan, hingga minus 20 point, tetapi akhirnya sesi 1 ditutup minsu 17 point.

Sesi 2 market makin mengalami tekanan, hingga minus terendah hari ini 42 point di level 4273. Namun 5 menit menjelang penutupan sesi 2, Index sedikit pulih, hingga akhirnya ditutup "hanya" minus 14 point di level 4301. "Masih" di atas 4.300 !

Market hari ini : open 4320 high 4329 low 4273 close 4301

Total volume perdagangan hari ini : 4.8 miliar saham
Total value trading : 5.4 T rupiah
Jumlah saham yang naik : 92 saham
Jumlah saham yang statis : 93 saham
Jumlah saham yang turun : 159 saham

Sektor Industri yang naik :
Sektor Aneka Industri : 13 point
Sektor Industri Dasar : 5 point
Sektor Manufaktur : 3 point

Sektor Industri yang turun :
Sektor Perkebunan : -21 point
Sektor Konsumer : -11 point
Sektor Infrastruktur : -9 point
Sektor Pertambangan : -9 point
Sektor Properti : -3 point
Sektor Keuangan : -2 point
Sektor Perdagangan : -2 point

Dengan penutupan hari ini, yang walau pun masih berada di atas level 4300, namun melihat tekanan jual yang terjadi hari ini, akan membuka peluang Index untuk mbergerak turun lebih dalam lagi pada perdagangan esok hari. Tetapi jika dicermati, Index tetap ditutup di atas level 4300 dalam beberapa hari ini, menunjukkan bahwa masih ada "the invisible hands" yang menjaga Index supaya tidak tertekan lebih dalam.
Karena itu, untuk besok, jika skenario 4300 ini masih valid, maka bisa saja Index tetap dibuka turun dan kemudian rebound lagi pada sesi 2 untuk ditutup di atas level 4300, akankah terjadi lagi ?

Market 19 Desember 2012

ASII - SELL INTO STRENGTH
Walau pun sempat turun, tetapi akhirnya ASII ditutup naik lagi, masih membuka peluang untuk naik pada perdagangan besok. Tetapi karena sudah di area peak over bought, jadi walau pun besok naik, gunakan kesempatan untuk menjual mengikuti kenaikannya.

BMRI - SELL ON STRENGTH
BMRI tertahan terus di harga 8.200. Jika bisa menembus harga tersebut, masih memiliki peluang untuk naik, namun jika tidak, harga masih akan mengalami koreksi.

BBRI - BUY ON WEAKNESS
BBRI masih mengalmi tekanan jual, tetapi karena sudah mulai memasuki area over sold, sudah dapat dilakukan pembelian secara gradual.

BBNI - SELL ON STRENGTH
Walau pun sempat mencapai harg 3.650, melewati harga 3.625, namun tidak disertai dengan volume penembusan yang kuat, sehingga akhirnya BBNI kembali terkoreksi. Dengan penutupan hari ini, membuat BBNI masih akan mengalami koreksi pada perdagangan besok.

MORE TRADING IDEAS

BUY ON WEAKNESS : BHIT - BMTR - ASRI - BORN - UNVR

TRADING BUY : MNCN - CMNP - ERAA

SPECULATIVE TRADING :  AKRA - MTLA - CTRS

happy trading



caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment
 

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE