Tuesday, September 11, 2012

STOCK MARKET COMMENT, DATED SEPTEMBER 11, 2012

MARKET STILL STRONG ENOUGH

Mengikuti pergerakan regional market, Index hari ini juga mengalami kontraksi, dimulai dengan pre opening yang minus 8 point, lalu minus lagi 12 point di regular market, Index bahkan sempat turun sampai 32 point, hingga akhirnya ditutup minus 25 point di sesi 1.

Sesi 2 Index masih bergerak di teritori negatif, dengan penurunan di sekitar 20 point lebih, bahkan beberapa menit menjelang penutupan sesi 2, Index masih minus 15 point, tetapi akhirnya Index bisa ditutup minus 5 point di level 4155.

Market hari ini : open 4152 high 4157 low 4127 close 4155

Volume trading 3.8 miliar saham
Value trading 3.2 T rupiah
Saham yang naik, 94 saham
Saham yang tetap, 111 saham
Saham yang turun, 112 saham

Hari ini hanya 4 sektor yang mengalmi kenaikan, dengan kenaikan tertinggi dari sektor Pertambangan, naik 18 point, Perdagangan naik 2 point, Industri Dasar dan Keuangan, masing-masing naik di bawah angka 1 point.
Sedangkan penurunan terdalam dialami sektor Aneka Industri yang turun 22 point, disusul sektor Konsumer yang turun 9 point, Manufaktur turun 8 point, Perkebunan turun 5 point dan sisanya turun di bawah 1 point.

Melihat hasil perdagangan hari ini, mengindikasikan market yang masih cukup kuat, dengan kenyataan bahwa walau pun sempat minus hingga 32 point, namun akhirnya Buyers masih bisa menarik Index naik hingga minus tersisa 5 point. Artinya masih ada kekuatan market yang tetap menjaga Index untuk tidak terpuruk terlalu dalam.
Karena itu, untuk perdagangan besok, walau pun masih bisa bergerak turun, namun masih ada kemungkinan Index bergerak naik, mengikuti pergerkan Index regional.

Satu  hal yang menjadi perhatian adalah bahwa selama 3 hari berturut-turut, Index seolah tertahan atau memiliki pertahanan di level 4126-4128-4127. Jadi walau pun Index turun hingga level tersebut, tetapi akhirnya akan bergerak naik kembali.

Penting untuk diingat juga bahwa tanggal 7 September 2012, Index mengalami Gap Up, dimulai dengan Low di 4126, sedangkan High sebelumnya adalah 4103. Artinya, jika Index bisa tembus 4126, maka arah yang paling dekat adalah 4103.

Market 12 September 2012

ASII - SELL ON STRENGTH
Hari ini ASII tidak berhasil menembus harga tetingginya di 7.400, bahkan volume hari ini pun menciut. Hal ini berarti bahwa hari ini ASII mengalami "paused" untuk bergerak naik besok, atau bisa juga berarti untuk sementara gerakan naiknya mulai tertahan, sehingga akan mengalmi penurunan. Mengingat ASII sudah berada di area peak over bought, maka kelihatannya, untuk sementara akan bergerak turun dulu.

BMRI - SELL ON STRENGTH
Hari ini BMRI mulai mengalami penurunan, setelah beberapa waktu lamanya bergerak side ways. Untuk perdagangan besok, masih akan melanjutkan gerakan turunnya, sehingga jika harga bergerak naik, sebaiknya lakukan Penjualan.

BBRI - SELL ON STRENGTH
3 hari berturut-turut BBRI tertahan di harga 7.400, hari ini pun akhirnya ditutup di harga tersebut. Namun melihat volume yang semakin mengecil dan kondisi BBRI yang berada di peak over bought, maka BBRI memiliki kecenderungan untuk bergerak turun dulu.

BBNI - SELL ON STRENGTH
BBNI juga masih bergerak side ways dengan kecenderungan penurunan, karena itu, jika besok bergerak naik, sebaiknya lakukan penjualan juga.

MORE TRADING IDEAS

BUY ON WEAKNESS : GIAA - ERAA - MAIN

TRADING BUY : PTRO - UNTR - AISA - INDY

SPECULATIVE TRADING : ASRI - SIMP - ARNA - PTBA - ICBP 

happy trading

 
caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE