Thursday, February 9, 2012

STOCK MARKET COMMENT, DATED FEBRUARY 9, 2012

MARKET STILL IN CHANNEL TRADING PATTERN !

Hari ini market kembali melemah, walau pun regional market masih dalam kondisi mixed. Dibuka dengan penurunan 5 point, terus bergerak turun hingga minus 19 point dalam setengah jam perdagangan, bahkan sempat menyentuh low nya, minus 34 di level 3953, akhirnya sesi 1 ditutup minus 33 point di level 3955.

Sesi 2, market sedikit mengalami perbaikan, dengan penurunan maksimal minus 30 point dan semakin mengecil hingga akhirnya ditutup di sesi 2, minus 9 point di level 3978.

Memang beberapa saham yang memiliki bobot yang besar terhadap index, antaranya ASII dan BMRI, keduanya masih mengalami pelemahan, paling tidak memiliki sumbangan terhadap pergerakan index. Padahal masih ada 105 saham yang naik hari ini, dibandingkan dengan 114 saham yang turun harganya, sedangkan sebanyak 92 saham tidak berubah harganya.

Market hari ini : Open 3988 High 3988 Low 3953 Close 3978

Total volume perdagangan hari ini sebanyak 3.6 miliar saham, dengan value trading sebesar 5.5 T rupiah, dengan sektor-sektor penggerak, Perkebunan, naik 35 point, Konsumer naik 16 point, Industri Dasar naik 2 point, Infrastruktur naik 2 point, Properti naik 1 point, sedangkan penurunan terbesar disumbangkan oleh sektor Aneka Industri, turun 28 point, disusul oleh sektor Pertambangan yang turun 12 point, Keuangan turun 4 point dan lainnya dalam range 2 point penurunan.

Jika melihat Index secara keseluruhan, masih berada dalam trading range, 3896 - 4040, jadi selama index tidak menembus kedua batas atas bawah, masih belum bisa menentukan trendnya dalam tempo singkat ini.
Karena itu lebih baik melihat pergerakan saham per saham secara individu, supaya bisa mendapatkan momentum untuk melakukan trading yang menguntungkan.

Untuk trading besok, market masih akan berada dalam range trading konsolidasi, sehingga untuk sementara masih tidak akan kemana-mana.

Market 10 Pebruari 2012

ASII –TADING BUY
Penurunan 4 hari berturut-turut dan dalam, menggiring ASII masuk dalam kondisi over sold yang dalam. Hari ini mulai ada perlawanan, sehingga harga masih bisa ditutup di atas harga low. Untuk besok, harga support sementara ada di 72.350. Jika harga tidak lebih rendah dari 72.350 mau pun 72.950, itu tandanya tekanan jual mulai mereda.

BMRI – BUY ON WEAKNESS
Walau pun hari ini BMRI ditutup di harga bawah, namun volume mulai berkurang setengah dari volume hari sebelumnya. Untuk sementara, support BMRI masih ada di 6.250. Karena itu, jika harga bisa bertahan di kisaran sekarang, berarti BMRI sudah mencapai level low nya, jadi peluang untuk rebound akan lebih terbuka kesempatannya.

BBRI – BUY ON WEAKNESS
Untuk sementara BBRI masih dalam kondisi in decision, belum selesai “peperangan” antara pembeli dan penjual, sehingga harganya bergerak dalam range trading. Jadi jika masih bergerak turun, paling bisa menunggu di bawah, atau mengejar untuk trading cepat, jika dia bergerak ke atas. Karena untuk sementara belum terlihat trend yang jelas dari BBRI.

BBNI – BUY ON BREAK UP
Setelah naik tajam kemarin, hari ini BBNI mengalami konsolidasi, hal yang wajar dan biasa terjadi pada saham yang naik tinggi sehari sebelumnya. Untuk trading besok, bisa saja BBNI masih berkutat di sekitar harga hari ini, atau bisa juga lanjut break high 3.600, sehingga melanjutkan kenaikannya, jika tidak, selama harga tidak bergerak di bawah 3.500, maka peluang untuk naik masih terbuka. Biasanya konsolidasi sebelum naik, berada dalam kisaran 1 – 3 hari trading day.


MORE TRADING IDEAS :

TRADING BUY : MAIN – BBCA – DKFT – GGRM

SPECULATIVE TRADING : ELTY – KIJA – BUMI – CMNP – DOID – PGAS – JSMR

Happy trading

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com
click the like button below, if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE