Monday, February 27, 2012

STOCK MARKET COMMENT, DATED FEBRUARY 27, 2012

FIBONACI 28.6% RETRACEMENT, A TEMPORARY SUPPORT !

Hari ini index masih bergerak turun, dimulai dengan minus 12 point pada pembukaan sesi pertama, terus melorot turun, hingga sempat turun terdalam hari ini, minus 56 point, namun akhirn ya sesi 1 ditutup minus 38 point di level 3855.

Sesi 2 dimulai juga dengan penurunan yang lebih meoderat, minus dalam range 40 point dan akhirnya ditutup minus 33 point di level 3861.

Walau pun index hari ini sempat menyentuh low di level 3838, namun penutupan terakhir masih bisa di atas level psikologis retracement 28.6% di level 3850, yaitu 3861.
Hal ini bisa diterjemahkan bahwa untuk sementara level tersebut bisa menjadi support level bagi pergerakan index dalam minggu ini.

Market hari ini : open 3894 high 3894 low 3838 close 3861

Perdagangan hari ini juga ditandai dengan volume yang menipis, hanya 2.5 miliar saham yang ditransaksikna dengan value trading sebesar 4 T rupiah. Masih ada sebanyak 70 saham yang naik harganya, 83 saham tidak berubah dan 165 saham yang turun harganya. Hal ini bisa diartikan juga bahwa tekanan jual mulai mereda. Namun untuk kepastiannya, masih perlu konfirmasi pada perdagangan besok hari.

Sektor yang positif hari ini hanya 2, yaitu Aneka Industri yang naik 1.6 point dan Konsumer yang naik 0.4 point. Selebihnya masih minus, dengan penurunan terbesar masih disandang oleh sektor Pertambangan yang turun 25 point, diikuti oleh sektor Perkebunan, turun 18 point, Industri Dasar turun 10 point dan lain-lainnya turun dalam range 0.5 point - 9 point.

Dengan hasil perdagangan hari ini, jika perdagangan besok didukung oleh support dari fibonaci retracement yang masih bisa tetap bertahan, maka peluang kenaikan index akan mulai terbuka. Apalagi jika regional market juga mendukung.
Apabila besok masih terjadi penurunan, maka diperkirakan tidak akan turun terlalu dalam lagi, mengingat masih memiliki support level di antara 3838 dan 3850.

Market 28 Pebruari 2012

ASII – TRADING BUY
Setelah mengalami tekanan jual selama 5 hari berturut-turut, hari ini ASII berhasil ditarik kembali ke atas, walau pun dengan volume yang tidak terlalu besar. zNamun hal ini bisa juga di artikan bahwa penjual sudah mulai berkurang, sehingga pembeli mulai bisa mengontrol harga. Konfirmasinya akan terjadi hari ini, jika ASII tidak turun ke bawah harga pembukaan hari ini.

BMRI – BUY ON WEAKNESS
Tekanan jual terhadap BMRI juga mulai berkurang, ditandai dengan volume dan range harga yang mulai mengecil. Bahkan pembelian bisa dilakukan jika harga tidak turun di bawah harga pembukaan hari ini.

BBRI – SELL ON STRENGTH
BBRI masih belum memperlihatkan perlawanan yang berarti, sehingga peluang penurunan masih ada. Namun jika terjadi penurunan ke arah 6.550 bisa dilakukan pembelian, karena untuk sementara ini, support level ada di harga tersebut.

BBNI – SELL ON STRENGTH
Untuk sementara, BBNI mulai memasuki konsolidasi, jadi jika harga naik, gunakan untuk melakukan penjualan.


MORE TRADING IDEAS :

BUY ON WEKNESS : BUMI – SMGR - JSMR - INTP – BDMN

TRADING BUY : CPIN – UNTR – MAIN – GGRM – AALI – UNVR

SPECULATIVE TRADING : TRAM

Happy trading

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com
click the like button below, if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE