Thursday, February 16, 2012

STOCK MARKET COMMENT, DATED FEBRUARY 16, 2012

BEWARE OF BROKEN SUPPORT !

Ternyata pola candle 2 rising method tidak terjadi hari ini, yang seharusnya sesudah 2 hari konsolidasi, hari ketiga market akan naik dengan dukungan volume. Namun apa yang terjadi hari ini adalah index malah bergerak turun cukup dalam, walau pun belum menyentuh level low dari batang candle 3 hari sebelumnya.
Karena itu, besok akan merupakan penentuan, apakah market masih akan berjalan dengan side ways, dengan range trading di sekitar 3895 - 3988 atau malah break down dan bergerak ke arah bawah ? Sebab untuk sementara ini, level support di sekitar 3886-3895 masih cukup kuat untuk menahan index. Tetapi jika support ini tertembus akan membawa index bergerak lebih rendah lagi.

Hari ini, Index dibuka langsung minus 20 point dan langsung bergerak ke arah minus 30 point, walau pun sempat bergerak naik lagi, tetapi akhirnya sesi 1 ditutup turun 21 point di level 3931.

Sesi 2 Index tetap bergerak dalam range 20 - 34 point dan akhirnya ditutup minus 25 point di level 3927.

Market hari ini : open 3952 high 3952 low 3913 close 3927

Volume trading hari ini meningkat dibandingkan kemarin, namun dengan value yang agak stagnan. Sebanyak 4.2 miliar saham diperdagangkan pada hari ini, dengan value transaksi sebesar 4 T rupiah. Sebanyak 84 saham masih bergerak naik, sebanyak 84 saham stagnan dan 146 saham turun harganya hari ini.

Sektor industri yang naik hari ini hanya ada 2, Sektor Keuangan dan Properti yang masing-masing naik 4 dan 1 point. Selebihnya turun semua, dengan penurunan terbesar dari sektor Aneka Industri, turun 23 point, Konsumer turun 23 point, Pertambangan turun 21 point, Manufaktur turun 16 point dan sisanya turun dalam range 9 - 4 point.

Dengan hasil perdagangan hari ini, dikhawatirkan index akan mulai mengalalmi tekanan lagi, sehingga level support terdekatnya akan tertembus yang menyebabkan index kembali mengalami down trend. Namun di sisi lain, Index juga berada dalam kondisi over sold, sehingga seharusnya jika terjadi penurunan, akan lebih terbatas turunnya.
Jika index besok bisa bertahan di level support sementara di sekitar 3900, maka masih ada peluang untuk rebound kembali.

Market 17 Pebruari 2012

ASII – BUY ON WEAKNESS
Setelah terlepas dari tekanan jual, hari ini ASII kembali mengalami tekanan jual, volume penjualan juga meningkat dibandingkan kemarin. Namun, kondisi ASII masih dalam range over sold, karena itu sewaktu-waktu bisa rebound. Asalkan harganya tidak lewat dari 71.000, masih Buy untuk ASII


BMRI – TRADING BUY
Hari ini BMRI mulai menemukan kekuatannya kembali, walau pun tidak ditutup di highest, namun sudah bisa bertahan untuk bertahan di area positif, menunjukkan kekuatan pembeli

BBRI – TRADING BUY
Akhirnya BBRI juga menemukan kekuatannya kembali, naik dengan badan candle yang panjang. Walau pun tidak dengan volume yang signifikan, tetapi setidaknya sudah berada dalam positif area.

BBNI – TRADING BUY
Sama seperti BMRI mau pun BBRI, akhirnya BBNI pun mulai terlepas dari tekanan jual dan mulai bergerak naik, walau pun kedalaman kenaikannya tidak sepanjang penurunannnya kemarin, tetapi setidaknya aksi penjualan sudah reda. Untuk jangka pendek ini, BBNI memiliki support di 3.350.


MORE TRADING IDEAS :

BUY ON WEKNESS : BJBR – KLBF

TRADING BUY : BBCA

SPECULATIVE TRADING : ELTY – BWPT – BBKP

Happy trading

caleb limuel
http://www.megaonlinetrading.com
click the like button below, if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE