Tuesday, September 9, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED SEPTEMBER 9, 2008

MARKET IS PANIC, LEAD BY MINING SECTOR !!!!

Hari ini, market kembali terjengkang, terpengaruh oleh market regional yang turun pada pagi hari. Market pagi ini dibuka langsung minus 9 dan terus turun tanpa ada perlawanan sampai minus terendah 92 point di level 1945. market akhirnya ditutup minus 79 point di level 1958.

Walau pun market berusaha untuk rebound, tetapi dari minus 92 ke minus 79 tidak membuat perubahan yang berarti dari sisi teknikal. Artinya market penjual masih tetap menguasai pasar, sehingga market pembeli tidak sanggup untuk mengangkat market untuk naik lebih tinggi lagi. Jadi dengan penutupan market yang seperti hari ini, untuk besok market masih akan turun lagi.

Jika dilihat secara dekat, penurunan indeks hari ini banyak disumbangkan oleh penurunan yang cukup besar dari saham BUMI, ASII, TLKM, yang memiliki bobot indeks yang cukup besar sehingga secara psikologis menyeret saham-saham yang lain untuk turun.
Begitu saham-saham big cap turun, terjadi kepanikan di market. Beragam kepentingan bercampur aduk jadi satu, yang margin call, yang short selling, yang cut loss, yang force sale, yang panik bercampur jadi satu, membuang barang apa saja yang di portfolio, sehingga market menjadi turun bertambah dalam.

Secara teknikal, market memang masih akan bergerak turun, karena level support psikologis 2000 sudah terpecahkan. Selanjutnya, market masih akan mencoba level indeks di 1863, level terendah tanggal 18 Agustus 2007. Jika jebol juga, maka indeks akan mencoba lagi level 1663, level terendah tanggal 28 Pebruari 2007.
Apa bedanya tahun 2007 dan 2008 ? Tahun 2007, indeks masih dalam trend bullish, makanya begitu menyentuh level low, akan diikuti dengan reversal dan market bergerak naik kembali. Tahun 2008, adalah bearish market, jadi begitu sentuh high, terjadi koreksi dan turun menyentuh level support yang lama, koreksi ke atas, untuk turun lagi dan menyentuh low yang lebih low lagi.

Makanya investor harus ekstra hati-hati, begitu profit, ambil dulu, karena market tidak akan sekuat tahun-tahun yang lalu.
Tetapi sekarang pertanyaannya, masih bisakah mengambil untung dalam kondisi market yang bearish seperti sekarang ini ?
Jangan takut, peluang selalu ada. Makanya, cari emiten-emiten yang bagus, solid dan berfundamental bagus. Harga market price sedang tertekan, volume penurunan tipis, P/E rasio rendah, PBV juga rendah, sehingga harganya menjadi murah dimarket.
Saham-saham yang seperti ini, jika market rebound, akan kembali diburu orang. Saat itulah barang-barang tersebut dapat dijual dengan profit.
Happy hunting !!!!

Market 10 September 2008

AALI BOW
ANTM BOW
ASII BOW
BBCA SELL
BBRI SELL
BDMN SELL
BMRI BOW
BNBR BOW
BUMI BOW
INDF SELL
INCO SELL
LSIP BOW
PGAS BOW
PTBA BOW
TINS SELL
TLKM BOW
UNSP BOW
UNTR BOW

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE