Thursday, September 4, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED SEPTEMBER 4, 2008

MARKET MASIH TERSANDUNG GLOBAL ISSUE !!!!!

Hari ini market kembali didera oleh berita negatif mengenai tutupnya dua hedge fund berbasis komoditi, yang menyebabkan sebagian besar market regional turun, termasuk market Indonesia. Market hari ini dibuka langsung turun 14 point, turun terdalam 58 point dan akhirnya ditutup minus 40 point di level 2075.

Dari penurunan indeks yang terjadi hari ini, secara teknikal masih terlihat adanya pelemahan dalam satu dua hari ke depan. Namun ada kemungkinan indeks akan tertahan di level 2035. Jika indeks menyentuh level 2035 dan rebound kembali, itu artinya level 2035 memiliki support yang cukup kuat untuk menahan indeks agar tidak jatuh.

Di tengah-tengah penurunan saham-saham sektor pertambangan, khususnya saham batubara, masih ada saham-saham yang naik pada hari ini. Jadi artinya market sendiri juga tidak teramat jelek dalam situasi seperti sekarang ini.
Makanya dalam situasi seperti sekarang ini, yang harus dilakukan adalah BUY on WEAKNESS untuk saham-saham yang berfundamental bagus, tetapi harganya sudah terdiscount dalam. Salah satu saham yang layak dicollect adalah saham Lautan Luas. Dengan EPS semester I sebesar Rp. 215,- jika disetahunkan akan menjadi Rp. 430,- Nilai buku sebesar Rp. 982, market price rp. 990,- artinya LTLS diperdagangkan pada P/E ratio 2.3 x dan PBV 1 x. Bandingkan dengan perusahaan sejenis yang bergerak dibidang kimia, AKRA dan ETWA.
Hanya saja saham LTLS tersebut harus dipegang dalam waktu yang agak lama, karena tidak terlalu likuid.
Ini hanya satu contoh saja, artinya, jika rajin meneliti, masih banyak saham-saham yang berfundamental bagus, tetapi sedang terkoreksi pada saat ini, layak dibeli untuk disimpan.

Market 5 September 2008

AALI BUY
ANTM BOW
ASII BOW
BBCA SELL INTO STRENGTH
BBRI SELL INTO STRENGTH
BDMN SELL INTO STRENGTH
BMRI BOW
BNBR BOW
BUMI BOW
INDF BOW
INCO BUY
LSIP BUY
PGAS BUY
PTBA BUY
TINS BUY
TLKM SELL
UNSP BOW
UNTR BOW

WATCH FOR : FREN/ADRO/APEX

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE