Monday, September 8, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED SEPTEMBER 8, 2008

MARKET REBOUND, BUT STILL VOLATILE !!!!

Seperti ditulis dalam blog ini hari Jumat yang lalu, bahwa market kemungkinan akan rebound hari ini, ternyata market memang rebound, tetapi dengan gaya terbalik. Dibuka tinggi, dengan penuh percaya diri, tetapi ditutup di bawah.

Hari ini, mengikuti market regional, indeks Bursa Efek Indonesia langsung dibuka dengan melejit, naik dengan gap up sebanyak 34 point. Setelah itu, market masih sempat naik sampai titik tertinggi 55 point di level 2078. Namun perlahan tapi pasti, market melorot kembali hingga naik sisa 11 point dan ditutup naik 15 point di level 2037.

Secara teknikal, pembukaan indeks di atas dan penutupan di bawah menunjukkan bahwa market tidak kuat untuk mempertahankan momentum penguatannya. Makanya market yang tadinya kelihatan bergairah tidak sanggup untuk terus bertahan naik, bahkan untuk sekedar bertahan supaya tidak melorot saja tidak bisa.

Seharusnya, untuk market yang sehat, waktu pembukaan tidak naik terlalu banyak, tetapi secara konsisten dapat mempertahankan kenaikannya sampai dengan penutupan market, barulah dapat dikatakan bahwa pembeli menguasai market. Untuk hari ini, market kelihatannya bergairah, dibuka dengan kenaikan yang tinggi, tetapi karena harga-harga yang dibuka tinggi, penjual masuk dan terus melakukan penjualan, sedangkan pembeli tidak memiliki peluru yang cukup untuk mempertahankan kenaikannya, makanya market ditutup turun kembali.

Karena itu, bagi investor yang memiliki saham yang sudah untung sebaiknya merealisasikan keuntungannya, karena market masih volatile, walau pun dapat naik, tetapi sewaktu-waktu bisa berbalik arah dan turun kembali. So.... be careful !

Market 8 September 2008

AALI BOW
ANTM BOW
ASII BOW
BBCA SELL
BBRI BOW
BDMN BOW
BMRI SELL
BNBR BOW
BUMI BOW
INDF BUY
INCO BOW
LSIP BOW
PGAS BOW
PTBA BUY
TINS BOW
TLKM BOW
UNSP BOW
UNTR BOW

WATCH FOR : INKP/MIRA/BTEL

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE