Monday, September 22, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED SEPTEMBER 22, 2008

MARKET OVER REACT !!!

Setelah didera oleh penurunan secara terus menerus minggu lalu, market Indonesia akhirnya dapat sedikit bernapas lega dengan adanya sentimen positif dari rencana pemerintah untuk meminta kepada emiten BUMN untuk mem buyback saham-sahamnya. Sentimen positif lainnya adalah keputusan pemerintah Amerika Serikat untuk mem bail out perusahaan asuransi AIG dari ambang kebangkrutannya.

Tetapi seperti biasa, typikal Investor Indonesia, jika takut, takut berlebihan sehingga menyebabkan panic selling di mana-mana, jika berani pun berani berlebihan, sehingga menyebabkan panic buying. Itu yang terjadi pada hari Jumat yang lalu, ditandai dengan pembukaan indeks yang langsung dibuka gap up sebanyak 37 point. Beruntung, walau pun di tengah-tengah sesi perdagangan indeks sempat melorot, tetapi menjelang penutupan indeks masih tetap terjaga dan ditutup di level positifnya.

Hari ini pun, market dibuka di atas dan ditutup dibawah. Dibuka naik 32 point di level 1923, terus sempat naik tertinggi 42 point di level 1934, tetapi sesi 2 mulai melorot hingga sempat minus 1 point, beruntung akhirnya masih ditutup plus 5 point di level 1897.

Sebenarnya apa yang terjadi dengan market hari ini menandakan bahwa market mulai bertindak lebih rasional, sehingga harga-harga tidak bergejolak secara berlebihan. Di lain sisi, secara teknikal, market mulai memasuki teritori overbought, jadi sewaktu-waktu masih bisa mengalami profit taking.
Jadi bagi Investor yang sudah profit, sebaiknya merealisasikan keuntungannya, sebaliknya bagi yang belum sempat memegang portfolio, sebaiknya wait and see dulu, menunggu harga yang lebih murah baru masuk kembali ke market.

Market 23 September 2008

AALI SELL INTO STRENGTH
ANTM SELL INTO STRENGTH
ASII SELL INTO STRENGTH
BBCA SELL
BBRI SELL INTO STRENGTH
BDMN SELL INTO STRENGTH
BMRI SELL INTO STRENGTH
BNBR BOW
BUMI SELL INTO STRENGTH
INDF SELL
INCO SELL
LSIP SELL INTO STRENGTH
PGAS SELL
PTBA SELL INTO STRENGTH
TINS SELL INTO STRENGTH
TLKM SELL INTO STRENGTH
UNSP SELL INTO STRENGTH
UNTR SELL INTO STRENGTH


WATCH FOR : CPRO

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE