Tuesday, September 16, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED SEPTEMBER 16, 2008

STANDING APPLAUSE FOR INDONESIA STOCK MARKET !!!!!!

Tidak disangka-sangka, indeks Bursa Efek Indonesia hari ini bisa ditutup plus 16 point !!! Setelah dibuka langsung turun 54 point, terus melorot sampai turun 127 point di level 1592, akhirnya indeks ditutup di level 1735, masih berada di atas angka psikologis 1700.

Dengan penutupan market yang seperti hari ini, kelihatannya market kembali bergairah, investor yang tadinya sudah ciut nyalinya, kembali berani lagi. Seperti tulisan di blog ini kemarin, market seharusnya akan rebound antara hari ini atau besok, ternyata memang market rebound pada hari ini. Dengan perdagangan hari ini, di market sebenarnya terjadi swing sebanyak 143 point, dari terendah di 1592 sampai tertinggi di 1735.

Dari sisi teknikal, banyak sekali saham yang hari ini dibuka dengan gap down, tetapi kemudian mendapat kekuatan beli kembali, sehingga membalikkan market yang tadinya merah menjadi hijau, investor yang tadinya ragu-ragu, atau wait and see, menjadi agresif kembali. Sekali optimisme masuk kembali ke market, secara psikologis market menjadi bergairah kembali.

Untuk market 17 September 2008, market masih akan tetap bergerak ke atas, namun satu hal yang perlu diwaspadai, jangan pernah mengejar saham yang sudah naik terlalu cepat, karena selalu akan ada pihak lain yang akan merealisasikan keuntungannya, sehingga membuat harga saham turun kembali.
Ingat : dalam kondisi Bearish Market, indeks akan rebound untuk turun kembali. Jadi optimis boleh, tetapi tetap harus memiliki logika sehat dalam bertransaksi.

Market 17 September 2008

AALI BUY
ANTM BUY
ASII BUY
BBCA BUY
BBRI BUY
BDMN BUY
BMRI BUY
BNBR BUY
BUMI BUY
INDF BUY
INCO BUY
LSIP BUY
PGAS BUY
PTBA BUY
TINS BUY
TLKM BUY
UNSP BUY
UNTR BUY

WATCH FOR : ELTY/MIRA/BBNI/PNBN/LTLS

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE