Thursday, August 2, 2012

STOCK MARKET COMMENT, DATED AUGUST 2, 2012

MARKET FLAT TO LOWER

Seperti diperkirakan kemarin, hari ini market mengalami konsolidasi, bahkan mengalami penurunan, sesudah dibuka dengan positif di awal perdagangan.
Index hari ini dibuka di pre opening dengan negatif 2 point, lalu berubah menjadi positif dalam awal pembukaan regular market, hingga Index bergerak naik tertinggi, 19 point dalam setengah jam perdagangan. Namun akhirnya, mulai dari 1 jam perdagangan awal, market pengalami penurunan dan akhirnya ditutup minus 17 point di level 4113.

Sepanjang Sesi 2, Index berada di teritori negatif, hingga minus terdalam 47 point menjelang penutupan market sesi 2, walau pun akhirnya sesi 2 ditutup minus 37 point di level 4093.

Market hari ini : open 4128 high 4149 low 4082 close 4093

Baik volume mau pun value trading hari ini agak menciut dibandingkan dengan kemarin, dengan volume sebanyak 2.6 miliar saham dan value trading sebesar 3.8 T rupiah. Saham yang naik ada 71 saham, yang tidak berubah sebanyak 77 saham dan sebanyak 187 saham turun harganya.

Seluruh sektor industri turun hari ini, dengan penurunan terdalam dialami oleh sektor Perkebunan, turun 39 point, disusul oleh sektor Pertambangan, turun 16 point, Aneka Industri, turun 12 point, Infrastruktur turun 11 point, Industri Dasar turun 10 point, Manufaktur turun 9 point, sisanya turun di bawah 5 point.

Dengan penurunan yang terjadi hari ini, masih akan membuka peluang penurunan lebih lanjut pada perdagangan besok hari. Pencapaian tertinggi hari ini di level 4149, merupakan level resistensi sementara yang tercipta kemarin dan hari ini.
Kemarin Index naik tertinggi 4149, lalu ditutup di level 4142. Hari ini Index pun mencapai ketinggian 4149, tetapi akhirnya ditutup turun lebih banyak lagi di level 4093.

Walau pun secara prediksi, market masih akan turun besok, namun hal tersebut merupakan suatu siklus trading yang normal. Sesudah kenaikan yang cukup signifikan, market mengalami koreksi, konsolidasi dan kemudian bergerak naik kembali.
Yang terpenting adalah waktu market naik merupakan timing untuk profit taking, jangan malah mengejar harga tertinggi. Waktu market koreksi dalam, inilah timing untuk membeli barang murah, jangan sebaliknya, malah melakukan cut loss.
Akhirnya yang terjadi adalah market turun, rugi, market naik lebih rugi lagi, karena membeli barang kemahalan.

Market 3 Agustus 2012

ASII - TRADING SELL
Kelihatannya, untuk sementara ini harga 7.100 merupakan harga tertinggi ASII, karena dalam kondisi over bought, membuat pergerakan nya akan lebih terbatas.

BMRI - TRADING SELL
Ternyata hari ini BMRI masih mencetak new record high 8.450, namun sayang tidak bisa mempertahankan penutupan nya di harga tersebut, malah akhirnya harus ditutup di 8.250. Hal ini bisa saja menandakan harga yang sudah mengalami peak dan segera akan terjadi keseimbangan harga baru.

BBRI - TRADING SELL
BBRI  juga mengalami stagnasi harga, setelah naik hingga tertinggi 7.050, pergerakannya menjadi side ways. Untuk sementara, harganya juga menggantung, sehingga akan mengalami penyesuaian harga dulu.

BBNI - SELL ON STRENGTH
Untuk sementara ini BBNI masih tertahan di harga 3.975, bahkan sudah 3 hari berturut-turut tertahan di situ. Untuk trading besok, bisa saja BBNI masih berusaha untuk ditarik naik, namun karena sudah berada di area over bought, maka kelihatannya akan sulit untuk menembus harga resisten minor tersebut.

MORE TRADING IDEAS

BUY ON WEAKNESS : CTRP - HRUM - GGRM

SPECULATIVE TRADING : BWPT - JSMR - ASRI

ps : mayoritas saham sudah dalam kondisi over bought, sehingga resiko trading menjadi lebih tinggi. Karena itu, strategi sementara adalah Hit and Run.

happy profit taking


caleb limuel
click the like button below,  if you like this blog's comment

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE