Wednesday, July 27, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED JULY 27, 2011

INDEX TOWARD 4200 !

Tiada hari tanpa rekor baru ? Itu judul tulisan kemarin dan memang menjadi kenyataan kembali hari ini, sebab hari ini Index kembali menyentuh all time high : 4177.7, walau pun ditutup pada level 4174.

Hari ini yang menjadi penggerak index masih sama seperti hari-hari yang lalu, BIG CAPS, antara lain : ASII, UNTR, PTBA, BBNI, BBRI, BMRI, AALI, UNVR, dan lain-lain.
Sebanyak 135 saham naik, masih ada 114 saham turun dan 100 saham yang tidak berubah. Nilai perdagangan hari ini juga hampir sama dengan kemarin, 6.2 T.

Menilik volume dan value transaksi yang terjadi seminggu ini, menunjukkan kenaikan hampir dua kali lipat dari value perdagangan minggu-minggu yang lalu, ini mengindikasikan aliran modal yang masuk kembali ke dalam bursa Indonesia. Bandingkan dengan bulan Juni sampai dengan pertengahan bulan Juli 2011 yang rata-rata trading harian hanya sekitar 3.5 T !

Secara teknikal, stochastic menunjukkan Index sudah overbought, tetapi aliran dana yang masuk mau pun trader-trader tidak terlalu peduli dengan hal-hal tersebut, karena jika terlambat masuk ke market, bisa kehilangan momentum dan akan mengakibatkan hilangnya kesempatan untuk mengambil profit dari market Indonesia. Karena itu, semakin tinggi Index, akan menarik semakin banyak Investor untuk masuk ke market, baik yang berinvestasi mau pun yang melakukan short term trading.

Bagi Investor yang tidak memiliki dana yang berlimpah, inilah saatnya untuk mengambil profit dan mencari saham-saham bervaluasi murah, tunggu waktunya bergerak dan lepas. Karena jika third liner mulai bergerak, artinya first liner sudah dianggap kemahalan dan biasanya akan ada profit taking yang melanda dan market akan turun kembali.

Jangan terlena dengan euphoria rekor high ! Karena tidak logis jika Investor yang sudah profit lebih dari 50% tidak akan melakukan profit taking. Begitu melihat kenaikan index mulai tertahan, pada umumnya profit taking akan terjadi.
So ? always the same words : take your profit, before others take yours !

Market 28 Juli 2011

ASII - SELL INTO STRENGTH
Tidak seperti kemarin yang ditutup di level high, hari ini ASII tidak dapat mempertahankan kekuatan belinya di harga tertinggi 75.950, sehingga ditutup di harga bawah, 75.000. Jadi jika ingin trading, ASII harus melampaui harga tertingginya di 75.950 dengan volume besar, barulah Buy, jika tidak Sell

BMRI - SPECULATIVE TRADING
Hari ini BMRI juga menyentuh highest price, 8.150, tetapi akhirnya ditutup di harga 8.050. Jadi untuk BMRI berlaku trading cepat, atau malah sell into strength

BBRI - SPECULATIVE TRADING
BBRI masih memiliki kekuatan untuk naik, namun harus melewati harga tertinggi di 6.950, jika tidak untuk sementara akan side ways dulu

BBNI - SELL INTO STRENGTH
Kenaikan yang terlalu tinggi dan terlalu jauh, masuk dalam area overbought, membuat BBNI rawan untuk profit taking

MORE TRADING IDEAS :

BUY ON WEAKNESS : BORN

TRADING BUY : BBTN - INCO - ADRO - PNBN

SPECULATIVE TRADING : HEXA - PTBA - MAPI - ALMI - KRAS - SMGR

SELL INTO STRENGTH : CMNP - MEDC - JSMR - SIPD - SSIA


happy profit taking

caleb limuel
http://m-one.megaci.com

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE