Monday, October 6, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED OCTOBER 6, 2008

MARKET CRASH ???????

Hari ini merupakan hari yang akan diingat terus oleh para investor Bursa Efek Indonesia ! Betapa tidak, hari ini indeks turun sebanyak 10.028% atau secara absolut turun 183 point di level 1648. Indeks bahkan sempat turun terdalam 198 point di level 1634 !!
Penurunan indeks hari ini merupakan penurunan kedua terdalam sepanjang tahun 2008 ini. Yang pertama pada tanggal 22 Januari 2008, indeks turun terdalam 254 point dan ditutup turun 191 point. Bedanya, penurunan indeks tanggal 22 Januari 2008 segera diikuti dengan market rebound keesokan harinya dan sempat bergerak naik terus selama 10 hari lamanya sesudah itu.

Penurunan indeks hari ini memiliki banyak dimensi, di antaranya adalah akumulasi dari libur panjang selama 4 hari perdagangan, ketika market regional hancur, Bursa Indonesia terselamatkan karena libur panjang.
Lalu, turunnya harga minyak mentah dunia di bawah level $90, karena ketakutan akan perlambatan ekonomi Amerika bahkan dunia, diikuti dengan penurunan harga komoditi lainnya, menyebabkan harga saham-saham berbasis komoditi terkoreksi tajam.

Di dalam negeri, isu mengenai Repo saham grup Bakrie, margin call, short selling bahkan panic selling , melanda Bursa Efek Indonesia. Saham yang sudah dibeli dengan harga yang dianggap murah, ternyata masih dapat dibeli dengan harga yang lebih murah lagi.

Melihat kondisi seperti ini, apa yang sebaiknya dilakukan oleh Investor saham Indonesia ? Apakah sekarang saat yang tepat untuk melakukan pembelian atau malah sebaiknya menjual barang-barang yang sudah ada di tangan ? Menjawab pertanyaan ini, ada 2 hal yang harus diperhatikan.
Pertama, yang paling penting, fokus utama saat ini adalah saham-saham blue chip. Saham-saham dengan kinerja bagus, going cencern perusahaan yang relatif terjamin, yang mengalami penurunan yang berlebihan akibat panic selling.
Kedua, jangan melawan arus ketika panic selling terjadi. Tunggulah sampai penjualan mulai mereda baru lakukan pembelian secara gradual atau bahkan tunggu sampai harga saham mulai merambat naik, barulah lakukan pembelian.

Secara teknikal, market sudah mulai memasuki fase oversold dan masih akan mengalami penurunan dalam satu dua hari ke depan, tetapi beberapa saham sudah boleh dibeli secara gradual, karena secara valuasi sudah termasuk relatif murah dan akan berbalik arah untuk naik kembali. Jadi Buy on Weakness and sell into strong !

Market 7 Oktober 2008

AALI - BOW
ANTM - BOW
ASII - BUY
BBCA - BUY
BBRI - BUY
BDMN - BOW
BMRI - BOW
BNBR - BOW
BUMI - TRADING SELL - BOW
INDF - BUY
INCO - SELL INTO STRENGTH
LSIP - BOW
PGAS - BUY
PTBA - BOW
TINS - TRADING SELL - BOW
TLKM SELL INTO STRENGTH
UNSP - TRADING SELL - BOW
UNTR BOW

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE