Friday, October 17, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED OCTOBER 17, 2008

MARKET MASIH GONJANG-GANJING !!!

Sedianya, market hari ini akan plus, seperti market-market yang lain, karena tadi malam Dowjones sempat rebound sampai plus 4o1 point, dari turun terdalam 380 point.
Namun, begitu dibuka, market "hanya" plus 3 point dan langsung turun lagi dan akhirnya ditutup minus 63 point di level 1399.

Hari ini tiga emiten dari grup Bakrie dibuka suspensinya dan ketiga-tiganya mengalami auto rejection ke bawah, yaitu BTEL, UNSP dan ELTY.
Untuk saham-saham yang lain, BUMI, ENRG dan BNBR masih belum ketahuan kapan akan dibuka suspensinya. Kemungkinan besar akan menunggu sampai ada kejelasan lebih lanjut mengenai perkembangan kepastian penjualan saham-saham mereka.

Satu hal, semakin lama ketidakpastian dari penjualan saham-saham grup Bakrie ini, akan membuat investor asing semakin tidak nyaman dan akan terpaksa melakukan penjualan yang lebih besar dari sekarang-sekarang ini.

Karena itu, market terlihat masih belum akan naik lagi dalam satu dua hari ke depan, tetapi malah ada kecenderungan untuk turun kembali. Walau pun penurunan yang terjadi mungkin tidak akan sebesar minggu lalu karena adanya program buy back emiten dan adanya pembatasan auto rejection menjadi hanya 10%.

Bagi nasabah yang masih memegang cash, ada baiknya untuk menunggu dulu sementara waktu sampai adanya kejelasan tentang divestasi saham-saham grup Bakrie. Tetapi jika ingin membeli, bellilah saham-saham bluechip yang kembali menjadi murah kembali.

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE