Monday, October 27, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED OCTOBER 28, 2008

IT IS TIME TO BUY !!!!

Hari ini, seperti hari-hari sebelumnya, market dibuka langsung minus 47, lalu seperti biasanya langsung meluncur turun hingga minus 77. Sementara tulisan ini dibuat, market sesi 2 baru dibuka satu jam, namun market mulai terlihat ada perlawanan dari sisi pembeli, sehingga beberapa counter mulai berbalik ke atas ke harga penutupan, bahkan beberapa saham BUMN pertambangan malah sudah gain.

Untuk kondisi market sendiri, dari pagi hari ini sudah terlihat tanda-tanda pembalikan, karena indeks sudah mendekati level psikologis di angka 1000. Mendekati angka psikologis, biasanya akan ada pembeli yang mencoba untuk melakukan pembelian kembali, sehingga market menjadi lebih bergairah.

Dengan level indeks 1000 - 1100, kebanyakan saham-saham bluechip big cap sudah dianggap relatif murah, (jika analisa fundamental masih berlaku saat ini). Jika yang dipakai adalah analisa plus/minus indeks dowjones, maka semuanya akan kembali kepada psikologis market, seperti "fear and panic".

Merujuk tulisan kemarin, bahwa kondisi perekonomian masih dalam shape yang cukup baik, walau pun saat ini kurs rupiah juga tertekan, tetapi biar bagaimana pun market crash, justru di situlah terletak peluang bagi investor yang jeli untuk memanfaatkan sentimen market.

Beberapa laporan keuangan emiten yang mulai dipublish juga masih membukukan kenaikan profit sampai dengan kwartal ke 3, artinya "they are doing their job". Ini menandakan bahwa jika dilakukan analisa secara fundamental, kembali kepada earning, company going concern, sound management team, fair value dan faktor-faktor pendukung lainnya, maka seharusnya sekarang-sekarang inilah "TIME TO BUY".

Sekarang tinggal kepada teknis pelaksanaan dan strategi yang akan digunakan untuk melakukan pembelian. Mau menunggu market benar-benar bottom (siapa yang tahu ?) atau mau mulai mengadakan pembelian secara gradual, atau mau lebih yakin, tunggu market benar-benar rebound ke atas baru melakukan pembelian. Masing-masing strategi memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, tinggal para investor memilih, mana yang lebih sesuai dengan metode tradingnya. Yang penting jangan mengambil horizon yang terlalu pendek dan jangan terjebak kepada margin trading.

Happy hunting !!

1 comment:

speculator's god said...

untuk saat ini, masuk saham bukan suatu pilihan yg tepat.masalah nya sekarang semua orang pikir market sudah bottom dan takut ketinggalan kereta, mengejar stock di bottom sering terjadi "bulltrap" yang di lakukan oleh "market maker".,permainan saham bukan permainan mengejar bottom, trend tidak merubah dalam sehari dua hari, kadang di perlukan waktu berbulan2 bahlan bertahun2.

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE