Thursday, October 16, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED OCTOBER 16, 2008

MARKET MASIH VOLATILE !!!

Mengikuti bursa global, terutama bursa Amerika, indeks hari ini dibuka langsung terjun ke bawah, minus 78, lalu turun terendah minus 81 di level 1439. Market akhirnya ditutup "hanya" minus 57 di level 1463.

Mencermati indeks hari ini, walau pun masih minus, tetapi sebenarnya volume transaksi tidak besar. Hari ini nilai transaksi yang terjadi hanya 1.9 T rupiah, dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 1.3 M lembar saham. Artinya, walau pun market turun, namun tidak dengan penjualan yang besar, market turun tetapi tidak disertai dengan tekanan yang hebat. Ini bisa dikatakan bahwa hanya sedikit yang menjual di market. Jadi sewaktu-waktu, jika pembeli masuk kembali ke market, market akan naik kembali.

Sekarang ini yang masih harus terus diikuti adalah kondisi market di Amerika, jika di sana minus, esoknya sebagian besar market regional akan turun juga, termasuk market Indonesia. Tetapi jika dalam intraday trading, Dow Jones Futures naik, maka market akan berbalik arah.

Bagi investor yang jeli, sebaiknya melakukan pembelian pada waktu market turun dalam, tetapi dengan volume yang tipis, kemudian menjual waktu market rebound kembali. Beli kembali waktu market koreksi dan seterusnya, untuk menghindari kehilangan profit karena harga saham jatuh kembali, bahkan mengalami kerugian, karena harga saham sudah lebih rendah dari harga pembeliannya.

Yang perlu diingat adalah jangan mengejar harga saham yang sudah naik terlalu cepat dan terlalu tinggi !!!

Rekomendasi tetap pada saham-saham Bluechip dan saham-saham BUMN.

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE