Thursday, October 30, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED OCTOBER 30, 2008

PEOPLE TENDS TO FORGET !!!!

Seiring dengan rebound di market regional, hari ini, market langsung lari kencang, dibuka langsung naik 29, terus naik tertinggi 67. Market akhirnya ditutup 60 point di level 1173.
Hari ini, di samping naik tinggi, volume dan value juga "kembali" normal, volume 4 miliar lembar dengan value 2 T rupiah.

Hari ini, investor seolah-olah lupa bahwa sejak bulan lalu sampai dengan minggu lalu, market masih berdarah-darah dan tidak ketahuan arah tujuannya. Prediksi dan target indeks yang dimunculkan pun selalu menakutkan. Indeks mau ke 990 lah, support indeks I 1100, support II 1000, support III 900, dari mana tahunya ?
Dalam kondisi panik, apakah orang membuang sahamnya masih menghitung indeks ?

Bahkan ada juga komentar, sekarang bukan saatnya bermain saham, karena belum ketahuan bottom/dasarnya.
Padahal justru sekaranglah saatnya untuk membeli saham-saham bluechip dengan harga murah.
Kejadian sekarang hampir mirip dengan kondisi market di tahun 1999, di mana pemain-pemain baru mulai masuk ke market dan mendapatkan untung ketika market mulai rebound. Gelombang pertama tahun 1999, lalu market turun dan sepi lagi, baru tahun 2003 market rally lagi sampai dengan awal tahun 2008 mencapai angka tertinggi, 2838.

Market, secara global sekarang ini sudah mulai berkurang tekanannya, sehingga jika pun minus di Dowjones, tidak dalam kondisi yang mencekam, bahkan sudah ada rebound sesudah turun. Sedangkan market Indonesia sendiri, masih tetap concern dengan nasib saham-saham grup Bakrie yang masih di suspend.

Bagaimana pun, pergerakan indeks baru dapat di sebut normal, jika nantinya saham-saham yang disuspend mulai diperdagangkan kembali, barulah kelihatan arah indeks yang sesungguhnya.

Jadi walau pun untuk saat ini market bisa rebound, tetapi jangan berpesta dulu, apalagi sampai lupa diri dan over trade, kerugian sedang menunggu jika salah mengambil posisi.

31 Oktober 2008, market terlihat masih tetap bergerak naik, jadi masih ada kesempatan untuk melakukan trading, so.... money always follows the smart investors.....

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE