Wednesday, April 6, 2011

STOCK MARKET COMMENT, DATED APRIL 6, 2011

Hari ini bursa saham Indonesia membalikkan analisa sebagian besar pelaku pasar, baik itu analis mau pun investor.
Rata-rata memprediksi hari ini masih akan melanjutkan penurunan, tetapi ternyata market hari ini hanya bergerak turun sampai jam 10.27, kemudian bergerak naik, bahkan ditutup naik 41 point ke level 3727.7 dengan total value 5.7 T.

Hari ini kenaikan index ditopang oleh sektor-sektor Aneka industri, konsumer, infrastruktur, keuangan dan jasa. Yang turun hanya basic industry dan perkebunan.
Sebanyak 148 saham naik pada hari ini, dibandingkan dengan 70 saham yang turun dan 106 ditutup pada harga yang sama.

Kenaikan saham-saham aneka industri, mendorong kenaikan pada saham-saham sektor lainnya. Sebut saja, DSSA, ASII, INDR, EXCL, KKGI, ADES, ULTJ, MDRN, BYAN, INVS, SMDR, MAPI, saham-saham yang selama ini kurang likuid, karena penawaran jual dan beli hanya sedikit lotnya, makanya saham-saham sektor ini yang naik dengan harga yang besar, rata-rata naik 200 rupiah.
Tetapi kenaikan harga saham yang kurang likuid ini tidak bisa dijadikan patokan untuk trading, karena sewaktu-waktu bid dan offer bisa menghilang. Jadi jika investor membeli di harga tinggi, belum tentu bisa keluar dengan harga yang lebih tinggi lagi. Namun High Risk High Return !

Dari pola trading yang terjadi pada hari ini, kelihatan seolah-olah ada "the invisible hands" yang berusaha untuk menarik market naik lagi lebih tinggi, walau pun market sudah dalam status over bought. Untuk jangka pendek, kelihatan bahwa market masih berusaha untuk melanjutkan kenaikannya, walau pun akan dibayangi oleh profit taking. Jadi dalam kondisi sekarang ini, harusnya investor menjauhi saham-saham yang sudah naik tinggi, karena risk nya sudah tinggi untuk kondisi saat ini. Carilah saham-saham yang memiliki fundamental bagus, tetapi masih dalam kondisi tertekan atau over sold.

Market 7 April 2011

ASII - Trading Buy
ASII berhasil membalikkan posisi dari selling market menjadi buying market, walau pun secara teknikal, ASII memiliki resistensi diharga yang terdekat, yaitu 58.450.
Jika bisa melewati resistensi tersebut, bukan tidak mungkin ASII akan mengejar harga all time high nya di 60.750

ADRO - Trading Buy
Jika dapat melewati harga 2.350 dengan volume yang besar, barulah boleh masuk di ADRO, jika tidak kuat, maka harus jual. ADRO memiliki resistensi di harga 2.400, jadi jika sudah masuk di bawah, jika tidak kuat di 2.400, juga harus jual.

BMRI - BBRI - BBNI
Terjadi pembalikan trend, yang seharusnya turun, hari ini malah ditarik naik. Untuk besok, kelihatannya akan berusaha lagi untuk dibawa naik, hanya saja harus hati-hati, untuk BMRI ada resistensi di 6.950, untuk BBRI ditutup di harga resistensinya di 5.950, untuk naik, besok harus dapat menembus harga 6.000 dengan volume besar, jika tidak, harus berhati-hati, BBNI sama dengan BBRI, ditutup diharga resistensi di 4.000, jadi untuk naik, besok harus dapat diperdagangkan di atas 4.000

SMGR - Trading Sell
Sementara masih akan mengalami penurunan

UNVR - Trading Buy
Tekanan jual sudah mulai berkurang, pembeli mulai masuk ke market, walau pun hari ini belum bisa menutup diharga tinggi, namun kelihatannya akan dilanjutkan esok harinya.

Trading Buy : ICBP, UNTR, HEXA

Speculative Buy : TKIM, BUMI, BKSL, BORN, CTRS, BSDE

Remember : Don't be greedy, take your profit, before the market wipe you out !

caleb limuel
http://m-one.megaci.com

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE