Monday, November 3, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED NOVEMBER 3, 2008

BEWARE OF PROFIT TAKING !!!!

Hari ini market kembali bergairah, dimulai dengan adanya kabar tentang selesainya penjualan saham BUMI, market Amerika yang mulai lebih stabil, market regional yang hari ini juga baik, membuat pengaruh yang besar kepada Bursa Efek Indonesia. Market dibuka langsung naik 24, lalu terus naik sampai tertinggi 110 point. Market akhirnya ditutup naik 96 point di level 1352.

Dengan adanya berita positif dari grup Bakrie, membuat market menjadi bergairah, sebagian besar saham naik harganya. Yang turun hanya 26 saham.
Dengan adanya berita positif dari grup Bakrie, memberikan kepastian tentang arah pergerakan saham BUMI nanti jika dibuka kembali suspensinya.

Hanya saja, berita positif ini disambut dengan gegap gempita, investor kembali bergairah bertrading, seolah-olah lupa akan apa yang terjadi minggu-minggu yang lalu, di mana sebagian besar investor, termasuk trader sejati sekali pun menjadi ciut nyalinya, karena portfolio yang merah, sulitnya likuiditas dan berhentinya sebagian fasilitas funding.

Oleh karena itu, buat besok, market masih kelihatan bergairah, karena hari ini pun ada beberapa saham yang auto rejection ke atas, tetapi dengan volume yang tipis. Kemungkinan saja besok masih melanjutkan kenaikannya. Namun market dalam kondisi sekarang ini sudah mulai overbought dan sewaktu-waktu bisa profit taking, apalagi jika market regional turun, maka kemungkinan besar bursa Indonesia juga akan turun lagi.

Jadi, bagi investor yang sudah membeli di harga bawah, ada baiknya untuk melakukan profit taking, kecuali bagi investor jangka panjang. Jangan sampai untung yang ada tidak dapat direalisasikan karena harga saham keburu turun kembali.
Untuk besok, bagaimana caranya melihat market ? Salah satunya adalah jika market dibuka naik terlalu tinggi, biasanya akan ada yang melakukan profit taking, jika indeks ada di level atas dan mulai tersendat-sendat kenaikannya, itu salah satu tanda akan ada profit taking, karena itu, sebaiknya jual dulu, sebelum kedahuluan orang lain dan sudah tidak keburu untuk menjual.

Happy profit taking !

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE