Thursday, November 27, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED NOVEMBER 27, 2008

MARKET MASIH UP TREND, HATI-HATI PROFIT TAKING !!!

Walau pun market masih terlihat akan melanjutkan up trendnya, tetapi hati-hati, karena seperti hari ini, market dibuka positif, terus naik sampai level tertinggi plus 37 point, tetapi pelan-pelan melorot, bahkan sempat minus, sebelum akhirnya ditutup naik, plus 8 point di level 1202.
Ini artinya buyer market tidak dapat mempertahankan momentum kenaikan indeks, sehingga kalah besar volume pembelian dari pada penjualan, sehingga market yang sudah naik, melorot turun kembali.
Kenaikan indeks setelah sempat minus 8 point, dikarenakan masih ada beberapa saham yang tetap konsisten, mempertahankan tingkat kenaikannya di market. Makanya market masih bisa ditutup positif.

Untuk perdagangan esok hari, market masih akan rally lagii, namun akan dibayang-bayangi oleh profit taking untuk saham-saham yang sudah masuk katagori overbought. Karena itu, bagi investor yang ketinggalan masuk kemarin-kemarin, jangan sampai terjebak untuk membeli di harga tinggi, tetapi menunggu koreksi market yang akan datang, sehingga masih bisa menjual jika market rebound kembali.
Ambil contoh saham BUMI, setelah naik beberapa hari ini, hari ini naik sampai level tertinggi di harga Rp. 1.170, tetapi akhirnya ditutup di harga Rp. 920. Artinya, setelah naik sekian hari, saham BUMI sudah dinanti-nantikan oleh pembeli di harga bawah untuk melakukan profit taking, makanya tidak heran harga penutupannya turun di bawah harga pembukaan.

Untuk besok, jika regional naik tinggi dan IHSG dibuka dengan kenaikan yang tinggi, maka setengah jam setelah market buka dan tingkat kenaikan indeks tidak berubah, sebaiknya mnelakukan profit taking, supaya jika market tidak kuat, investor sudah mengantongi keuntungan dan tidak mengubah keuntungan menjadi kerugian.

Jumat, 28 November 2008,

AALI SELL ON STRENGTH
ASII BUY
BBRI BUY
BBCA SELL ON STRENGTH
BMRI BUY
BUMI SELL
INKP BUY
PTBA SELL ON STRENGTH
TLKM BOW
UNTR SELL ON STGRENGTH

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE