Thursday, November 13, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED NOVEMBER 13, 2008

MARKET KEMBALI KONSOLIDASI, DENGAN TREND MENURUN !!!!

Hari ini, market kembali terjengkang, akibat pengaruh regional yang turun tajam, baik indeks dowjones tadi malam mau pun pengaruh regional market hari ini. Market yang masih ditutup naik hari ini hanya Shanghai dan Shenzhen.

Berita-berita yang masih suram di Amerika, laporan keuangan kwartal ketiga emiten-emiten yang turun di Amerika, data perekonomian dan pengangguran yang jelek, membuat indeks dowjones melemah kembali. Hari ini, baik Hangseng mau pun Nikkei turun tajam. Indeks BEI pun hari ini turun tajam, setelah satu minggu terakhir ini lebih tenang, paling turun dalam range 10 - 20 point. Hari ini indeks BEI sempat turun terdalam 79 point dan ditutup minus 66 point di level 1259, kembali ditutup di bawah level 1300.

Penurunan indeks hari ini disertai dengan volume yang tinggi, 3.5 M lembar saham, tetapi dengan value yang hanya 1.4 T rupiah. Artinya, hari ini yang banyak bergerak ialah saham-saham small cap dengan volume tinggi.

Namun dengan kondisi penutupan hari ini, market yang tadinya mulai konsolidasi untuk menguat, kelihatan melemah kembali. Beberapa saham yang tadinya sudah mulai terlihat menguat pun, lemah kembali. Jadi market masih benar-benar volatile. Karena itu, untuk melakukan pembelian, tidak perlu terburu-buru, masih dapat menunggu harga yang lebih rendah dari saat ini.

Untuk indeks IHSG sendiri, besok kelihatan masih tetap turun, kecuali jika regional bisa rebound dengan angka yang besar, secara psikologi, barulah indeks bisa kembali menguat, jika tidak market akan tetap turun.

Khusus saham-saham big cap yang ada, rata-rata masih terlihat melemah atau pun sedang terkonsolidasi. Satu-satunya saham yang mungkin akan bergerak besok adalah BTEL.
Khusus saham ASII dan INDF tetap Buy on Weakness.

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE