Wednesday, October 29, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED OCTOBER 29, 2008

IT'S TIME TO BUY ?

Mengikuti rally yang terjadi di Amerika, hari ini sebagian besar market regional langsung rebound pada "hari ini" tidak terkecuali Bursa Efek Indonesia.
Namun khusus Indonesia, terjadi anomali, karena market dibuka dengan agresif gap up, tetapi tidak sanggup untuk mempertahankan kekuatan pembelian, sehingga market akhirnya kembali melemah dan sempat minus 14 point, tetapi akhirnya berhasil ditutup positif, plus 2.

Secara teknikal, terlihat bahwa market Indonesia masih dipengaruhi sangat kuat oleh investor yang melakukan short term trading, sehingga begitu market rebound, langsung terjadi aksi profit taking, hal yang sah-sah saja bagi pasar modal di mana pun.

Karena itu, dalam blog ini selalu diingatkan untuk bereaksi cepat untuk merealisasikan keuntungan jika market dibuka dengan agresif yang menyebabkan kenaikan yang berlebihan. Dalam kebanyakan kasus, market yang dibuka dengan tingkat agresifitas yang tinggi akan disertai dengan aksi profit taking, sehingga market akan open high but close low, sehingga membuat trader-trader harian harus menanggung kerugian, karena beli waktu market tinggi dan menjual waktu market koreksi.

Dalam kondisi market yang memiliki volatilitas yang tinggi seperti sekarang ini, mau tidak mau, sekali lagi, harus kembali kepada perhitungan fundamental dan tingkat penerimaan resiko masing-masing investor. Bagi short term trader, harus pandai-pandai memanfaatkan momentum yang ada untuk mendapatkan keuntungan dalam melakukan tradingnya.
Lain bagi long term investor, mereka tidak serta merta menabrak dan membeli apa saja yang bergerak, tetapi menunggu waktu yang baik untuk masuk ke market.

Mengenai waktu yang tepat, tidak seorang pun yang tahu, kapan waktunya, kapan suatu saham sudah dikatakan bottom, atau kapan suatu saham sudah dibilang terlalu murah. Yang dapat dilakukan adalah membeli saham yang memiliki fundamental yang baik, dengan harga yang "relatif" mendekati fair value sesuai dengan analisa masing-masing investor.
Perbedaan persepsi mengenai value saham inilah yang menciptakan harga, sehingga orang membeli dan menjual berdasarkan value yang dia berikan kepada saham yang dibeli atau dijual.

Karena itu, bagi investor yang memang berniat investasi untuk jangka menengah/panjang, saat sekarang adalah saat yang relatif tepat untuk melakukan koleksi saham-saham bluechip.

Happy hunting !

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE