Monday, October 27, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED OCTOBER 27, 2008

MARKET MASIH RAWAN KOREKSI TAJAM !!!

Masih seperti hari-hari yang lalu, market hari ini begitu buka langsung turun 59 point, terus bergerak turun hingga terendah minus 87 point di level 1157. Indeks akhirnya ditutup minus 78 di level 1166.

Mengingat kembali apa yang diprediksi orang atau market rumor awal Oktober 2008, bahwa market akan dibawa ke level 1200. Hari ini, rumor ini ternyata benar. Sekarang ini pun sudah beredar rumor market akan dibawa ke level 1000 atau bahkan di bawah nya, pertanyaannya sekarang, who knows ?

Market sekarang ini sudah terlihat tidak rasional, terlihat dengan penurunan harga saham yang kadang-kadang hanya dengan beberapa puluh ribu lembar saja, harga sudah auto reject. Perhitungan fair value, intrinsic value, mau pun fundamental dari emiten pun sudah tidak memadai lagi untuk saat ini. Mengapa ? Karena apa yang terjadi sekarang ini bukan masalah domestik semata-mata, tetapi sentimen global yang merembet ke lokal.

Jika melihat kondisi ekonomi Indonesia sendiri, emiten-emien yang ada, walau pun pasti terpengaruh dengan kondisi ekonomi global yang sedang menuju resesi, masih tidak sejelek apa yang terjadi tahun 1998 yang lalu. Total kredit dalam mata uang asing juga lebih terkendali saat ini, cadangan devisa juga cukup besar, lebih dari 50 M dollar.
Pengaruh perlambatan ekonomi dunia terhadap kinerja emiten di bursa Indonesia relatif baru akan terasa dua sampai tiga bulan ke depan, tergantung jenis usaha dan keterikatannya dengan pasar ekspor secara langsung.

Di Bursa Indonesia sendiri, sentimen yang paling menghantui market adalah kepastian saham-saham grup Bakrie. Semakin lama mereka di suspend, semakin terjadi ketidakpastian pasar, membuat pasar akan semakin kehilangan arah.

Jadi untuk sementara, yang terbaik adalah wait and see dulu, sampai market global sudah mulai mereda dan penurunan indeks global harian mulai lebih terkendali atau market bahkan mulai rebound kembali. Semoga !

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE