Friday, January 9, 2009

STOCK MARKET COMMENT, DATED JANUARY 9, 2009

MARKET MASIH FLUKTUATIF !!!

Tidak seperti prediksi market kemarin yang memperkirakan market hari ini akan turun lagi, ternyata hari ini market ditutup menguat 14 point di level 1416, walau pun memang indeks sempat juga terkoreksi, turun 7 point di sesi 1.

Kenaikan indeks hari ini disumbangkan oleh sektor perkebunan, pertambangan, telekomunikasi dan perbankan. Namun demikian, kenaikan indeks hari ini, seperti penurunan kemarin, tidak disertai dengan volume yang besar, sehingga kenaikannya tidak begitu valid untuk meneruskan trend kenaikannya.
Seperti statement kemarin, bahwa market turun dengan volume tipis, karena itu sewaktu-waktu bisa naik kembali, ternyata memang demikian yang terjadi hari ini, market naik sesudah sempat turun di pagi harinya.

Untuk saham-saham perbankan, tetap masih ada peluang untuk naik lagi, karena penurunan suku bunga dari BI memberikan kelonggaran kepada bank-bank untuk berekspansi kembali. Dengan penurunan harga crude oil, rupiah yang lebih stabil, membuat inflasi bisa terkendali, sehingga akan memberi peluang kepada BI untuk menurunkan suku bunga di waktu-waktu yang akan datang.

Untuk sementara, sebaiknya juga menghindari saham-saham grup Bakrie, karena mengandung unsur spekulasi yang sangat tinggi, terutama saham BUMI.
Terkait dengan saham BUMI, banyak sekali hal-hal yang masih tidak jelas ke publik, dari utang grup, akuisisi internal, buy back saham, down grade dari broker-broker asing dan lainnya, membuat saham tersebut saat ini tidak layak untuk dijadikan pilihan investasi. Kecuali bagi investor yang siap menanggung resiko kerugian, sebagaimana rule yang berlaku di market : High Risk High Gain !

Secara teknikal, dengan penutupan indeks hari ini, membuat peluang yang baru untuk rebound di hari Senin, walau pun tidak tertutup kemnungkinan untuk turun lagi, jika market regional tidak mendukung.

Market 12 Januari 2009

AALI - BUY
ANTM - BUY
ASII - SELL INTO STRENGTH
BBCA - BUY ON WEAKNESS
BBRI - BUY ON WEAKNESS
BDMN - BUY ON WEAKNESS
BMRI - BUY ON WEAKNESS
BUMI - BUY ON WEAKNESS
INDF - BUY
INCO - TRADING BUY
LSIP - TRADING BUY
PGAS - BUY
PTBA - BUY
TINS - BUY
TLKM - BUY
UNSP - SELL INTO STRENGTH
UNTR - SELL INTO STRENGTH

WATCH FOR : KLBF/BBNI/CTRP/CTRS

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE