Friday, January 30, 2009

STOCK MARKET COMMENT, DATED JANUARY 30, 2009

INDEKS BERPELUANG NAIK LAGI !!!!

Hari ini market kembali ditutup naik, bahkan ditutup dilevel tertinggi harian, plus 8 di level 1332, tapi tidak dengan volume dan value yang signifikan. Namun demikian, kenaikan market hari ini setidaknya tetap menyiratkan optimistic pasar di tengah-tengah situasi global market yang sementara ini masih belum stabil benar.

Dengan kondisi market yang masih sepi sekarang ini, kelihatannya indeks masih tetap bertahan di level 1300, level support yang cukup kuat untuk menahan indeks dari kejatuhan yang lebih dalam.

Laporan keuangan emiten yang akan mulai dipublikasikan dalam waktu-waktu dekat ini juga setidaknya akan memberikan sentimen positif ke market, apalagi jika emiten-emiten yang ada dapat menunjukkan kinerja yang tetap stabil di tengah-tengah ketidakpastian sekarang ini.

Untuk sektor pertambangan, kelihatannya masih akan melaporkan pendapatan yang tinggi pada tahun 2008, walau pun kwartal ke 4 mengalami penurunan pendapatan yang besar. Untuk tahun 2009, setidaknya sektor ini masih akan bertumbuh, walau pun tidak sehebat pertumbuhan tahun 2008. Mengapa ? Karena harga-harga komoditi yang ada sekarang sudah di level yang cukup rendah, sehingga kenaikan harga-harga komoditas akan menggerakkan kembali saham-saham emiten sektor pertambangan ini.

Untuk sektor perkebunan juga akan bertumbuh, tetapi tingkat pertumbuhannya belum tentu akan setinggi pertumbuhan di sektor pertambangan dan energi. Karena dengan harga crude oil yang relatif rendah, saat ini relatif tidak ada daya tarik yang lebih untuk menjadikan CPO sebagai energi alternatif seperti waktu harga crude oil berada di atas $100 per barrel.

Sedangkan saham-saham perbankan, walau pun sudah ada sinyal dari BI bahwa suku bunga akan diturunkan secara bertahap, tetapi pengaruhnya masih belum begitu signifikan terhadap kinerja perbankan. Tetap bertumbuh, tetapi dengan angka pertumbuhan yang moderat.

Untuk Senin, secara teknikal market masih tetap akan bergerak naik, kecuali jika nanti malam indeks Dow Jones ditutup melemah dan regional market Senin juga melemah, barulah market Indonesia akan terpengaruh.

Market 2 Pebruari 2009

AALI - BUY ON WEAKNESS
ANTM - BUY ON WEAKNESS
ASII - TRADING BUY
BBCA - BUY ON WEAKNESS
BBRI - TRADING BUY
BDMN - BUY ON WEAKNESS
BMRI - BUY ON WEAKNESS
BUMI - TRADING BUY
INDF - SELL INTO STRENGTH
INCO - BUY
LSIP - BUY ON WEAKNESS
PGAS - TRADING BUY
PTBA - TRADING BUY
TINS - BUY ON WEAKNESS
TLKM - BUY ON WEAKNESS
UNTR - BUY ON WEAKNESS

WATCH FOR : SULI/CTRA

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE