Tuesday, July 8, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED JULI 8, 2008

MARKET SUDAH MULAI OVERSOLD !!!!!

Walau pun pagi-pagi market dibuka minus 9, tetapi masih bisa naik kembali sedikit dan berubah menjadi plus 2, tetapi berhubung market regional turun dengan dalam, menyeret market kembali turun, bahkan turun lebih dalam lagi sampai terendah di level 2263, alias minus 40 point. Market akhirnya ditutup minus 24 di level 2278.

Jika membaca kembali blog tanggal 3 Juli 2008, mengenai penutupan gap di level 2257, berarti market masih berpotensi untuk terkoreksi hingga 22 point lagi dari penutupan hari ini. Namun jika dilihat secara kekuatan pasar, maka kekuatan pasar untuk menekan ke bawah sudah mulai berkurang banyak, yang ditandai dengan volume yang semakin melemah.
Market juga cenderung sudah mulai oversold dan akan rebound kembali dalam satu, dua hari ini, kecuali ada hal-hal luar biasa yang terjadi, membuat indeks turun lebih dalam lagi.

Penurunan indeks hari ini sebagian besar disumbangkan oleh saham-saham berkapitalisasi besar, khususnya sektor perkebunan dan pertambangan. Di sektor pertambangan, AALI memimpin diurutan teratas, diikuti oleh LSIP dan SMAR. Sedangkan di sektor pertambangan, TINS memimpin diurutan pertama, diikuti oleh ITMG, PTBA, PGAS dan INCO.
Sedangkan saham market mover BUMI, walau pun sempat turun di sesi pertama, tetapi begitu sesi dua dibuka langsung bergerak naik kembali dan ditutup sama dengan harga penutupan kemarin.

Jika besok market masih turun juga, dengan volume yang tidak besar, merupakan hari yang baik untuk melakukan pembelian. Apalagi jika market turun dalam, tetapi dengan volume tipis, maka pembelian dapat dilakukan dengan lebih agresif dan dengan jumlah yang besar.
Khusus untuk saham komoditas, justru waktu harga komoditinya turun dan harga sahamnya turun, pembelian dilakukan. Nanti jika harga komoditi bergerak naik, otomatis sahamnya akan diburu lagi, itulah saatnya untuk profit taking.

Don't forget : Buy Low Sell High, jangan terbalik........buy high sell cut loss at the lowest !!!!

Market 9 Juli 2008

AALI BOW
ASII BUY
ANTM BOW
BBCA BUY
BBRI BOW
BDMN BOW
BMRI BOW
BNBR BUY
BUMI BUY
INDF BOW
INCO BOW
PGAS BOW
PTBA BOW
TLKM BOW
TINS BOW
UNSP BOW
UNTR BOW

WATCH FOR : INTP/MPPA

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE