Thursday, July 31, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED JULI 31, 2008

MARKET SUDAH OVERBOUGHT !!!

Market overbought ? mengapa ?
Hari ini, market langsung dibuka naik 22 point, membuat gap antara high sehari sebelumnya dengan low hari ini. High kemarin di level 2278 dan Low hari ini di level 2297, ada gap sebanyak 19 point. Market hari ini sempat naik sampai level tertinggi di angka 2322, naik 43 point dan sempat melorot turun hingga kenaikannya tinggal 19 point, tetapi akhirnya market masih bisa ditutup naik 25 point di level 2304.

Tidak seperti kemarin-kemarin di mana indeks naik didukung oleh saham-saham secara sporadis, kenaikan indeks hari ini disumbang oleh sektor-sektor pertambangan, perkebunan, perbankan dan saham-saham big cap lainnya. Makanya, hari ini, walau pun volume transaksi yang terjadi hanya 2.5 miliar lembar saham, tetapi valuenya mencapai 5 T rupiah.
Hari ini juga banyak emiten yang merilis laporan keuangan semester I yang rata-rata masih memiliki kinerja yang bagus.
Ambil contoh TLKM, walau pun dilanda dengan berbagai masalah, mulai dari masalah Temasek dengan KPPU, tuduhan kartel SMS, obral tarif yang jor-joran antar sesama provider, namun laba semester I 2008 "hanya" turun 4.8% dari laba tahun lalu. Suatu hasil yang tidak terlalu jelek di tengah-tengah persaingan sektor telekomunikasi yang demikian sengit !

Dari sisi teknikal, market hari ini seolah-olah terjadi anti klimaks. Sesudah dibuka gap up, kemudian meluncur naik, tetapi kemudian melorot lagi ke bawah, ini menandakan bahwa market pembeli tidak dapat mempertahankan momentum atau kekuatan beli untuk mempertahankan market di posisi puncaknya, sehingga akhirnya market tetap melorot ke bawah dan ditutup tidak di level tertingginya.

Karena itu, jikalau besok 1 Agustus 2008 tidak terjadi gejolak yang besar di market regional yang membuat market regional naik kencang, kelihatannya market Indonesia akan terkoreksi sebagai aksi profit taking.

Market 1 Agustus 2008

AALI BUY
ASII SELL INTO STRENGTH - FOR SHORT TERM TRADING -PROFIT +82%
ANTM SELL INTO STRENGTH
BBCA SELL
BBRI BOW
BDMN SELL
BMRI SELL
BNBR BUY - BOTTOM 390
BUMI SELL INTO STRENGTH
INDF BUY
INCO BUY
ISAT SELL
LSIP BOW
PGAS BUY
PTBA BUY
TLKM BREAK 7700 - SELL
TINS BUY
UNSP BOW
UNTR BUY


WATCH FOR : INTP/SMGR/BBNI/TBLA/JSMR/DEWA

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE