Friday, July 18, 2008

STOCK MARKET COMMENT, DATED JULI 18, 2008

MARKET SUDAH OVERSOLD !!!!

Begitu buka, market langsung turun, yang dimotori oleh saham-saham komoditas. Investor panik, karena harga minyak mentah pada perdagangan kemarin berhasil menyentuh level di bawah harga $ 130 per barrel. Penurunan harga minyak mentah diyakini akan menyebabkan harga-harga komoditas turun juga. Makanya semua harga saham-saham berbasis komoditi rata-rata turun dengan dalam.

Jika ditelaah lebih jauh, apakah penurunan crude oil akan berpengaruh secara langsung kepada penurunan harga komoditas tambang dan perkebunan ? Apakah ratio perbandingan kenaikan dan penurunan harga jenis-jenis komoditi itu akan selalu berbanding secara garis lurus ? Apakah penurunan harga crude oil akan menyebabkan permintaan terhadap komoditas tambang dan perkebunan menjadi turun ? Jika pertanyaan-pertanyaan di atas bisa dijawab dengan tegas, maka perkembangan harga komoditas juga bisa diprediksi dengan tepat, sehingga harga sahamnya pun dapat diprediksi dengan tepat pula.

Tetapi yang terjadi adalah bahwa naik/turunnya harga crude oil tidak selama nya berbanding secara garis lurus dengan naik/turun nya harga-harga komoditas yang lain, tergantung kepada tingkat permintaannya. Jadi, harga-harga saham komoditas yang turun selama beberapa hari ini harus lebih dicermati lebih dalam lagi.

Biasanya, Beli saham-saham komoditas pada waktu harga komoditinya sedang turun dipasaran internasional, nanti kalau harga komoditinya naik, otomatis harga sahamnya akan naik juga. Hanya saja dalam kondisi sekarang, dimana market lagi panik, tidak bisa ditemukan harga yang wajar untuk sesuatu saham. Yang ada adalah menunggu tingkat penjualan sudah mulai mereda, barulah perlahan-lahan mengadakan pembelian.

Market 21 Juli 2008

AALI BOW - LOWEST 20300
ASII BUY
ANTM BUY
BBCA BUY
BBRI BUY
BDMN BUY
BMRI BUY
BNBR BOW
BUMI BOW
INDF BOW
INCO BOW
ISAT SELL INTO STRENGTH
PGAS BOW
PTBA BOW
TLKM BUY
TINS BOW
UNSP BOW
UNTR BUY

No comments:

THE AMAZON ON LINE BOOK STORE - JUST CLICK AND ORDER HERE